MTQ Tingkat Provinsi Kaltim Berlangsung Semarak Di Samarinda

0 1,236

Kaltimpedia.com, Samarinda – Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor secara resmi membuka gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ke-43. Acara berlangsung di halaman parkir Stadion GOR Segiri Samarinda, yang resmi dibuka langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor, berlangsung meriah, pada Senin malam (23/05/2022).

Beragam pementasan pagelaran seni digelar pada acara pembukaani. Diawali dengan tarian persembahan Ratoh Jaroh, pembacaan ayat suci Al Quran oleh Tubagus Syahroni, hingga aksi parade para kafilah dari sembilan kabupaten/kota se Kaltim.

Dari sembilan kafilah yang ikut serta dalam MTQ ke-43 tingkat provinsi Kaltim, sedikitnya ada sebanyak 847 peserta yang akan meramaikan pagelaran MTQ tersebut.

Gubernur Kaltim Isran Noor, menandai pembukaan MTQ Tingkat provinsi Kaltim dengan pembacaan basmalah dan dilanjutkan dengan penabuhan beduk yang dirangkai kemeriahan pesta kembang api.

Sementara itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun, melaporkan, dasar pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kaltim ke 43 di Samarinda pada tahun 2022. Dalam hal ini, pemerintah kota (Pemkot) Samarinda melalui surat penunjukan pemerintah Provinsi Kaltim melalui Sekretaris Daerah No. 451.14/4010/B.Kesra/2021 tentang penyelenggaraan MTQ ke 43 Tk. Provinsi Kalimantan Timur tahun 2022.

Dan sesuai nomor Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor. 451.14/K.231/2021 tentang menunjuk kota Samarinda sebagai tempat penyelenggaraan MTQ ke 43.

Lanjutnya, dengan tujuan pelaksanaan MTQ ialah wahana silaturahim dan sebagai pendorong semangat minat baca/pemahaman serta pelaksanaan nilai-nilai Al-Qur’an, sehingga kedepannya umat Islam mampu membangun kesholehan diri dan kesholehan sosial.

MTQ bukan sekedar lomba untuk qori qoriah, dan hafidz hafidzah terbaik, tetapi MTQ upaya kongkrit Umat Islam, untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Al-Qur’an sebagai kompas dan pedoman hidup.

“Sehingga dapat mewujudkan generasi Qur’an di Kalimantan Timur berdaulat, dan beradab dalam menyongsong Ibu Kota Nusantara,” ujar Andi.

Adapun peserta yang mengikuti MTQ tingkat Kaltim ke-43 tahun 2022, ujar Andi Harun, diikuti oleh 9 kota/kabupaten diseluruh wilayah provinsi Kaltim.

Dengan rincian jumlah kafilah ialah, Samarinda jumlah kafilah 98 orang, Kutai Kartanegara kafilah 147 orang, Balikpapan kafilah 107 orang, Kutai Timur kafilah 80 orang, Bontang kafilah 80 orang, Paser kafilah 95 orang, Berau kafilah 80 orang, Penajam Paser Utara kafilah 80 orang, Kutai Barat kafilah 80 orang.

“Dan Kabupaten Mahulu tahun 2022 tidak mengirimkan kafilahnya,” ungkapnya.

Waktu dan tempat pelaksanaan dimulai dari tanggal 21-29 Mei 2022. Adapun arena atau tempat pelaksanaan yang digunakan untuk MTQ ke 43 ialah di Majelis 1 di lapangan GOR Segiri, Majelis 2 di Masjid Al Jihad MAN 2, Majelis 3 di Aula Gedung Kehutanan Provinsi Kaltim, Majelis 4 di Aula Perpustakaan Samarinda, Majelis 5 di Dinas Sosial Kaltim.

Majelis 6 di PSBB MAN 2 Kota Samarinda, Majelis 7 di Aula Wira Yuda Korem 0901 ASN, Majelis 8 di Gedung GOR Segiri Samarinda, Majelis 9 di Ruang Mangkupalas Balaikota Samarinda, Majelis 10 di Gedung Pusat Pembelajaran MAN 2 Kota Samarinda.

Sementara itu, Isran Noor dalam sambutannya mengaku bersyukur pelaksanaan MTQ ke 43 tingkat Kaltim yang berlangsung di kota Samarinda dapat terlaksana dalam kondisi normal setelah pelaksanaan sebelumnya diadakan seadanya karena pandemi Covid 19.

“Mudah-mudahan dengan MTQ ini, Covid-19 segera musnah, hilang dan tidak ada lagi muncul. Walaupun kita masih tetap waspada dan hati-hati, jangan sampai kembali musibah corona,” ujarnya.(*)

Leave a comment