Nobar Film Napas Bumi Kalimantan di Museum Mulawarman Tenggarong

0 2,109

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Kemendikbud-Ristek RI menggelar nonton bareng film berjudul Napas Bumi Kalimantan dalam rangka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di halaman Museum Mulawarman, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) pada Rabu (24/11/2021) malam.

Selain dihadiri Pemerintah Provinsi Kaltim dan Pemkab Kukar, hadir juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dan Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud-Ristek,  Restu Gunawan.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltim,  Andi Muhammad Ishak mengatakan, Pemprov Kaltim menyambut baik dan mengapresiasi acara tersebut. Pihaknya mendukung karya sineas film dalam negeri khususnya dari Kaltim.

“Mari kita dukung sepenuhnya film-film buatan anak negeri, khususnya dari Kaltim agar maju di level nasional hingga internasional,” harapnya mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor.

Senada dengan Pemprov Kaltim, Hetifah mengajak semua stakeholder terus mendukung agar pelaku seni bisa terus berkreasi dan karyanya dapat ditampilkan.

“Saya harap pelaku seni budaya bisa di Kaltim ini dirangkul,” pesannya.

Secara terpisah, Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud-Ristek Restu Gunawan mengingatkan, stakeholder dan masyarakat Kaltim khususnya Kukar agar bersiap mencari salah satu brand dari kearifan lokal yang akan ditonjolkan.

“Harus dipikirkan apa yang menjadi kekuatan kita, kebudayaan adalah jalan kemajuan, kita punya potensi itu,” sebut Restu.

Film yang digarap Dirjen Pendidikan Vokasi menggandeng salah satu sutradara ternama di Indonesia yakni Lasja F Susatyo dan  menggambarkan budaya, seni, alam, dan kehidupan sosial masyarakat di wilayah Kaltim termasuk di dalamnya Kukar.

“PKN sendiri merupakan agenda tahunan sebagai wujud implementasi strategi pemajuan kebudayaan, dengan menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi budaya, serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif,” katanya. (Dha/Adv)

Leave a comment