Pemdes dan BUMDes Loh Sumber Ciptakan Inovasi untuk Fasilitasi Petani

0 2,003

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara (Sekda Kukar) Sunggono meresmikan Rice Milling Unit (RMU) atau penggilingan padi menjadi beras milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Purnama, Desa Loh Sumber Kecamatan Loa Kulu pada Kamis (25/11/2021).

Sunggono mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Pemerintah Desa Loh Sumber dan BUMDes yang telah melakukan inovasi dalam memfasilitasi petani, menampung hasil gabah dan sekaligus mengolahnya menjadi beras dengan adanya unit usaha RMU ini.

“Secara khusus kami mengapresiasi Direktur BUMDes Sumber Purnama Bapak Sudarmadji dan jajaran atas upaya luar biasa yang telah dilakukan,” ujar Sunggono.

Pengembangan unit usaha penggilingan padi ini sangat sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kukar 2021-2026. Terkait dengan Pembangunan Pertanian Dalam Arti Luas, khususnya Program Hilirisasi Produk Pertanian.

Diharapkan BUMDes Sumber Purnama nantinya dapat melakukan kerjasama dengan Koperasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kukar, agar produk beras yang diproduksi dapat dipasarkan kepada ASN Kukar melalui Koperasi ASN.

“Bupati berharap inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh BUMDes Sumber Purnama dapat menjadi contoh bagi BUMDes lainnya di wilayah Kukar,” kata Sekda Kukar saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah.

Secara terpisah, Direktur BUMDes Sumber Purnama Sudarmadji menuturkan, inovasi  berawal dari anjloknya harga gabah dan beras petani di desanya. Selain itu, beras di desanya itu kalah mutu.

RMU menjadi solusinya, berdiri dengan didanai permodalan Bank BRI dan dukungan berbagai pihak. Memiliki kapasitas produksi satu ton beras per jam. Namun, karena beberapa keterbatasan pihaknya saat ini hanya memproses satu ton gabah per hari.

“Kami siap bersaing dengan mutu beras dari luar daerah, berhubung kami masih baru jadi belum sempurna. Jadi mohon saran, dukungan semua pihak,” harap Sudarmadji.

Diketahui, BUMDes Sumber Purnama telah berhasil memproduksi beras merk Tugu, dengan kualitas yang baik dan dapat bersaing di pasaran. (Dha/Adv)

Leave a comment