Pemerintah Berikan Bantuan Dana ke Kelompok Wanita Tani di Kukar

0 2,401

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kutai Kartanegara, Bahteramsyah pemerintah pusat akan mengucurkan bantuan dana sekitar Rp 60 juta dengan sasaran Kelompok Wanita Tani (KWT). Dana sebesar ini akan dimanfaatkan untuk pemanfaatan pekarangan rumah guna menekan angka stunting (tubuh kerdil anak-anak). 

“Bantuan harus dimanfaatkan, hasilnya juga harus disisihkan sebagian untuk pembelian bibit dan sebagainya, sehingga tidak putus kegiatannya,” kata Bahteramsyah pada Selasa (2/11/2021).

Bahteramsyah berharap, bantuan dapat  dimanfaatkan sebaik mungkin, khususnya setiap keluarga. Diharapkan KWT dapat mengembangkan jenis tanaman yang memenuhi kebutuhan gizi bahkan bisa membuat rumah bibit.

Bantuan ini, ujarnya, sifatnya untuk penumbuhan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dilakukan oleh para ibu-ibu yang tergabung di KWT. 

KWT mempunyai peran penting dalam mendukung upaya pemerintah menurunkan stunting anak. Karena mereka sebagai pondasi dalam menyiapkan kebutuhan pangan sehari-hari untuk keluarganya. 

Dalam memenuhi kebutuhan gizi salah satunya adalah konsumsi sayuran,  jadi program P2L  untuk menggalakkan berbagai jenis tanaman di setiap pekarangan rumah masing-masing.

“Jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam itu tentunya mempunyai nilai gizi yang baik, salah satunya kacang-kacangan,” katanya.(Dha/Adv)

Leave a comment