Pemkab Kukar Bakal Salurkan Bantuan Langsung Tunai Kepada 14 Ribu Nelayan

0 1,089

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bakal menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada sekitar 14 ribu nelayan perairan laut dan sungai.

Bantuan ini bentuk pengembangan kapasitas nelayan kecil. Langkah-langkah yang diambil untuk penanggulangan angka kemiskinan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil, DKP Kukar Asli Husaini mengatakan, bantuan yang dialokasikan sekitar Rp 15 miliar, bersumber dari APBD Kukar. Sasaran bantuan diantaranya Kecamatan Muara Kaman, Samboja dan Loa Janan.

“Perorangan akan menerima BLT sekitar Rp 350 ribu per bulan, selama tiga bulan yaitu Oktober hingga Desember,” ungkap Asli Husaini, Selasa (4/10/2022).

Dinas Kelautan dan Perikanan telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial. Karena penerima bantuan mengacu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Nantinya, BLT diharapkan bisa membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kebutuhan sehari-hari nelayan saat mencari ikan.

“Istilahnya meringankan nelayan dalam hal BBM-nya,” imbuhnya.

Dinas Kelautan dan Perikanan juga akan memberikan pelatihan kepada para masyarakat yang bermukim di sekitar perairan. Beberapa materi pelatihan yang diberikan diantaranya perbaikan mesin perahu dan pembuatan perahu. (Dha/Adv)

Leave a comment