Pemkab Kukar Canangkan Pembangunan Strategis, Fokus Peningkatan Pertanian, Pariwisata dan Ekraf

0 947

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) telah menyusun strategi dalam mengembangkan kualitas infrastruktur maupun masyarakatnya yang berfokus kepada lima kecamatan. Lima kecamatan yang terpilih dalam perencanaan Pemkab merupakan kawasan unggulan yang saling terhubung, yakni Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu, Muara Kaman dan Loa Kulu.

Langkah strategis ini disampaikan langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah pada HUT Tenggarong, 28 September lalu. Edi menyebutkan rencana ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Kukar dalam mengembangkan sektor pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga, pembangunan pada lima kawasan tersebut nantinya akan difokuskan pada sektor-sektor tersebut

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, Wisnu Wardhana menegaskan bahwasanya langkah ini merupakan program pembangunan prioritas Pemkab untuk ke depannya. Dengan pembangunan konektivitas wilayah dan infrastruktur, langkah ini akan meluas hingga seluruh kecamatan Kukar.

“Rencana (pengembangan) kami akan membuat strategi sinkronisasi kepaduan dan keselarasan infrastruktur di seluruh kecamatan,” ungkap Wisnu menjelaskan.

Pembangunan ini diharapkan kelak akan memberi dampak berjangka pendek, tengah, dan panjang bagi Kukar. Target dari pembangunan strategis ini mencakup 18 kecamatan agar dapat selesai pada saat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kukar berakhir di tahun 2026.

“Untuk tahun ini kita akan fokus dulu di Tenggarong dan Tenggarong Seberang. Fokus pembangunannya ada tiga, di pariwisata, pertanian, dan ekonomi kreatif. Nanti akan bersinergi dengan Dispar lokasi mana yang bisa kita tunjang untuk konektivitas wilayah lebih baik dan maksimal,” imbuhnya.

Di sisi lain, Pemkab Kukar juga berencana memulai pembangunan dalam waktu dekat ini di Tenggarong. Yakni pembangunan infrastruktur ekonomi untuk meningkatkan kawasan UMKM disekitar bawah Jembatan Kutai Kartanegara menjadi pusat perbelanjaan. Serta pembangunan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di eks Perumahan Tanjung.

“Ini untuk menunjang rencana tersebut. Jadi nanti konektivitas wilayah akan kita maksimalkan agar peningkatan jalan menjadi lebih baik,” tutup Wisnu. (Ito/adv)

Leave a comment