Pemkab Kukar Kukuhkan Pengurus FKDM di 3 Kecamatan

0 2,569

Kaltimpedia.com, Tenggarong— Asisten I Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat pengukuhan pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dari tiga kecamatan di Balai Pertemuan Umum Kantor Kecamatan Kembang Janggut, Jumat (26/11/2021).

Ketiga kecamatan pengurus FKDM periode 2021-2026 yang dikukuhkan oleh Asisten I tersebut adalah Tabang, Kenohan, dan Kembang Janggut. Acara ini  ditandai dengan penyerahan SK pengurus dan peluncuran program Inovasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar dengan program Kukar Aman dan Nyaman (Kuanyam).

Asisten I Setkab Kukar berharap, forum ini dapat lakukan pencegahan sejak dini konflik di masyarakat.

“Dengan mengelola informasi yang dianggap kemungkinan mengganggu Ketertiban dan Keamanan Masyarakat,” kata Taufik.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kukar Rinda Desianti menjelaskan, pembentukan FKDM dengan SK Camat yang sudah terbit sejak lama dan tertunda pengukuhan pengurusnya karena situasi pandemi Covid-19. Forum bentukan pemerintah yang akan dimaksimalkan perannya yaitu Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK).

“Pengukuhan dilaksanakan berdasarkan zona, untuk tengah ada 1 zona, pesisir sebanyak 2 zona, serta Hulu juga terbagi 2 zona,” kata Rinda.

Usai pengukuhan, dilanjutkan pembekalan kepada pengurus dan anggota FKDM dengan narasumber dari Badan Kesbangpol Kukar dan FKDM Kukar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Korwil Kukar Letkol CHB Asmawi, Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kukar, Sekcam Kembang Janggut Suhartono, Camat Tabang Paysal dan perwakilan Danramil 0906-12 Kembang Janggut Pelda Sugianto. (Dha/Adv)

Leave a comment