Peringati Hari Pers Nasional 2024, Wabup Kukar Rendi Solihin Ungkap Jurnalis Sebagai Teman Diskusi

0 1,865

Kaltimpedia.com, Kutai Kartanegara – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, memandang Hari Pers Nasional (HPN) sebagai momen untuk terus memberikan ruang seluas-luasnya bagi insan pers guna menyajikan produk jurnalistik yang berkualitas.

Hal ini diungkapkan Rendi Solihin untuk memperingati HPN yang jatuh pada 9 Februari 2024.

Menurut Rendi, di era globalisasi yang serba cepat, pers harus mampu mempertahankan eksistensinya guna tetap menjadi rujukan utama masyarakat untuk mendapatkan informasi akurat dan lengkap.

“Ya, pers harus mampu beradaptasi, pers harus tetap menjadi rujukan utama masyarakat untuk mendapatkan berita yang akurat dan terpercaya,” ucap Rendi.

Baginya, pers menjalankan fungsi kontrol yang obyektif, dan kerap menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Kabupaten Kukar.

Selama menjadi pejabat publik, Rendi menjadikan rekan-rekan jurnalis sebagai teman, terutama teman diskusi untuk banyak hal.

“Terus terang, mereka (jurnalis) di sini tidak hanya meliput saja, tapi juga menjadi teman diskusi saya, bertukar pikiran untuk pembangunan Kukar,” jelasnya.

Rendi menegaskan, Pemkab Kukar berkomitmen untuk terus memberikan ruang seluas-luasnya bagi jurnalis untuk mengakses informasi yang kaitannya untuk kepentingan masyarakat.

Bahkan, Pemkab Kukar juga kerap bekerjasama dengan jurnalis dalam berbagai kegiatan, baik terkait peliputan maupun pelatihan bagi masyarakat.

Tak hanya itu, Pemkab Kukar juga membuka diri untuk memfasilitasi jurnalis melakukan peliputan mendalam mengenai potensi wisata, sejarah dan lainnya.

Rendi menegaskan, jika ada pemberitaan “miring” mengenai Pemkab Kukar, pihaknya juga tidak akan menutup diri dan siap memberikan keterangan sesuai kapasitas.

“Perlu digarisbawahi, kami tidak anti kritik, justru ini penting untuk kemajuan daerah,” imbuhnya.

Lebih lanjut, media massa di Kukar tergolong lengkap, dari radio, koran, televisi hingga media online, baik yang berasal dari daerah maupun nasional.

“Di Kukar cukup lengkap, bahkan sekarang banyak media online lokal mulai tumbuh, tentu kita mendukung perkembangan positif seperti ini,” pungkasnya.

Leave a comment