Tax Goes To School 2022, Dengan semangat kemerdekaan, Pajak Tenggarong gerilya edukasi pajak di SMPN 1 Loa Janan.

0 1,180

Kaltimpedia.com, Kutai Kartanegara – Pajak Tenggarong menggelar kegiatan Tax Goes To School (TGTS) 2022 di SMPN 1 Loa Janan (Kamis, 25/08). Bertempat di Ruang Lab Komputer SMPN 1 Loa Janan, kegiatan tersebut dihadiri 30 (tiga puluh) siswa.

Kegiatan ini merupakan agenda lanjutan dari serangkaian program inklusi perpajakan yang digagas oleh Ditjen Pajak tahun ini. Tidak kalah dengan kegiatan pajak bertutur yang berlangsung pada pekan sebelumnya, acara kali ini berlangsung sangat meriah.

Kegiatan TGTS 2022 ini diawali oleh sambutan dari Plt. Kepala SMPN 1 Loa Janan, yaitu Fadriansyah. Pada kesempatan ini Fadriansyah sangat senang dan berterima kasih atas kehadiran Tim Penyuluhan Pajak Tenggarong.

“Kedatangan Tim Penyuluhan Pajak Tenggarong pada acara TGTS 2022 telah memberikan warna yang berbeda bagi sekolah kami. Pendidikan mengenai kesadaran pajak sejauh ini sangat minim. Dengan adanya kegiatan ini, kesadaran pajak para siswa SMPN 1 Loa Janan akan tertanam sejak dini.”, tutur Fadriansyah dalam sambutannya.

Kepala KPP Pratama Tenggarong, Arief Hartono melalui Kepala Seksi Pelayanan, Achmad Suyanto, juga mengapresiasi penuh atas sambutan hangat yang diberikan oleh pihak sekolah.

“Terima kasih dan apresiasi kepada SMPN 1 Loa Janan atas kesediannya dalam memberikan waktu dan tempat sehingga kegiatan TGTS tahun 2022 ini dapat terselenggara sesuai program edukasi pajak.”, ucap Achmad.

Lalu, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi edukasi oleh Fungsional Penyuluh Pajak Tenggarong, yakni Arsyad Jaya. Mengusung konsep learn and play, materi yang disampaikan menjadi mudah diterima oleh para peserta. Para siswa terlihat sangat antusias menyimak materi yang dipaparkan oleh pemateri.

“Materinya asyik dan bikin melek terus karena banyak pertanyaaan menarik yang menambah wawasan” ucap Erfano salah satu peserta dari kelas IX.

Games berhadiah dan beberapa kuis yang menarik semakin menambah kemeriahan suasana acara kali ini. Hal ini tampak pada wajah sumringah yang ditunjukkan oleh para siswa.

“Alhamdulillah, seluruh siswa dapat menyimak materi dengan baik. Semoga kegiatan pemberian edukasi ini dapat memupuk kesadaran pajak para generasi muda sedari dini.”, kata Arsyad.

TGTS merupakan kegiatan mengajar tentang kesadaran pajak kepada dunia pendidikan pada sekolah tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Hal ini merupakan bentuk kolaborasi antara Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka menanamkan kesadaran pajak bagi generasi muda sejak dini.

Meskipun kegiatan ini berlangsung cukup singkat, memori yang berkesan mengenai kesadaran pajak diharapkan dapat melekat pada benak para siswa SMPN 1 Loa Janan seiring dengan berkembangnya usia mereka.

Dengan begitu, rasa bangga dan cinta tanah air akan membuat hati mereka tergerak untuk ikut berkontribusi dalam membangun negeri, salah satunya dengan menunaikan kewajiban perpajakan dengan baik.

Leave a comment