Wabup Kukar Bangga, Kafilah Kaltim Asal Muara Badak Juara Harapan MTQ Nasional XXIX

0 2,109

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Kafil Kalimantan Timur (Kaltim) asal Kutai Kartanegara, Kecamatan Muara Badak, bernama Zalva sy berhasil menjadi Juara Harapan III Cabang Qiraat Murattal pada perhelatan akbar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional XXIX di Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (18/10/2022).

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin yang menghadiri penutupan MTQ tersebut, mengucapkan rasa bersyukur dan bangga putra-putri daerah bisa mencapai prestasi tersebut.

“Alhamdulillah, Qariah asal Kukar yang mewakili Kafilah Kalimantan Timur dapat memberikan prestasi terbaiknya, kita berharap kedepan semakin banyak qori-qoriah asal Kukar dapat berprestasi di tingkat nasional,” imbuh Rendi.

Dia menjelaskan, upaya pembinaan akan terus dilakukan Pemkab Kukar dan dengan dukungan semua pihak. Diawali dengan kecintaan kepada Kitab suci Al Qur’an melalui Gerakan Etam Mengaji (Gema).

“Program Gema sudah digaungkan sampai tingkat kecamatan secara bertahap dengan izin Allah SWT, prestasi akan terus diraih,” tuturnya.

Sebagai informasi, juara umum MTQ Nasional XXIX diraih kafilah dari Jawa Timur dengan nilai 87, kemudian disusul DKI Jakarta di peringkat kedua yang memperoleh nilai 66, dan tuan rumah Kalsel di peringkat ketiga dengan nilai 62.

Sedangkan peringkat keempat sampai kesepuluh secara berturut-turut diraih oleh kafilah dari Jawa Barat dengan nilai 43, Sumatera Barat (35), Sumatera Utara (22), Kepulauan Riau (20), Sumatera Selatan dan Aceh (12), Jambi (8), dan Jawa Tengah memperoleh nilai 7. (Dha/Adv)

Leave a comment