Waspada Varian Covid-19 MU: Isran Minta Tinjau Kembali Sekolah Tatap Muka Di Kaltim

0 494

Kaltimpedia.com, Samarinda – Baru-baru ini terdengar varian terbaru Covid-19 yaitu Varian MU. Varian Mu adalah mutasi dari virus corona lainnya, yang diduga memiliki konsentrasi berbeda dari varian lainnya. Varian Mu berpotensi lebih berbahaya dari varian virus corona lainnya serta menurut WHO virus ini berpotensi resiten terhadap vaksin tertentu.

World Health Organization (WHO), sudah memasukan varian Mu dalam daftar pantauan sejak 30 Agustus 2021. Varian MU terdeteksi pertama kali di Kolombia pada awal tahun lalu dan saat ini sudah menyebar ke 40 negara. Varian ini lantas terdeteksi hingga ke Amerika Serikat, beberapa bagian Eropa dan Amerika Selatan, hingga Jepang.

Varian MU berpotensi kebal terhadap vaksin karna memiliki konstelasi mutasi yang menunjukkan sifat potensial lolos dari sistem kekebalan tubuh. Resiko penularan sama seperti Varian Beta, Saat ini Varian MU belum teridentifikasi bahayanya.

“Saya junga ingin perhatian semuanya berkaitan dengan Perhubungan, berkaitan dengan varian baru, varian MU” Presiden Jokowi.

Gubernur Kaltim, Isran Noor mengingatkan masyarakat kaltim untuk tetap waspada terhadap penularan Covid-19. Terlebih lagi munculnya varian Delta dan MU. Isran juga menghimbau untuk pemerintah Kota/Kabupaten untuk meninjau atau mempertimbangkan kembali sekolah tatap muka di Kaltim.

Saat ini cakupan vaksinasi di kaltim termasuk rendah, terlebih lagi saat ini kota/kabupaten di Kaltim masih bersatus PPKM level 3 dan level 4. Isran menyamaikan bahwa kaltim siap, baik untuk fasilitas vaksinasi maupun tenaga kesehatan untuk vaksinasi, namun karena memang stok vaksin belum mencukupi.

“pertimbangkan benar-benar bagi daerah yang ingin menerapkan sekolah tatap muka. Kalau saya sih jangan dulu, karena cakupan vaksinasi belum memenuhi standar” Isran Noor kepada awak media di Tanjung Redeb akhir pekan lalu. 

Cara cegah penularan Covid-19 Varian MU :

  • Tetap ikuti PROKES meski telah menerima vaksin Dosis I dan II
  • Selalu gunakan masker ditempat umum
  • Cuci tangan dengan sabun
  • menjaga kebersihan
  • Selalu menjaga jarak dengan orang lain

Leave a comment