86 Kades Terpilih Kutai Kartanegara akan Dilantik Bupati pada 14 Oktober

0 1,128

Kaltimpedia.com, Kutai Kartanegara – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah menemukan 86 Kades terpilihnya. Pelaksanaan Pilkades ini telah berlangsung sejak Agustus-September kini akan memasuki tahap pelantikan. 86 Kades yang berasal dari 16 kecamatan ini merupakan pilihan rakyat yang siap mengemban amanah tugasnya dalam memajukan desanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto mengatakan bahwa para Kades terpilih ini akan dilantik langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah di Gedung Putri Karang Melenu (PKM), 14 Oktober mendatang. Persiapannya sendiri saat ini dipastikan Arianto tengah berlangsung lancar.

“Sampai dengan saat ini persiapan lancar dan sudah diinformasikan ke pihak terkait seperti pihak kecamatan, desa yang bersangkutan, pejabat kepala desa, BPD, panitianya dan Kades terpilih,” ungkap Arianto beberapa saat lalu.

Lanjutnya, pada saat pelantikan, para Kades terpilih dapat didamping istri, suami, atau keluarga dan kerabat terdekat. Namun Arianto mengatakan setelah 86 Kades telah terpilih, masih terdapat sedikit kendala minor dalam tahapannya bagi kedua desa, yakni Desa Rapak Lambur, Tenggarong dan Jembayan, Loa Kulu.

Permasalahannya sendiri sebut Arianto berhubungan dengan penggarapan sanggahan serta aduan hasil Pilkades, akan tetapi permasalahan ini tengah berjalan di Peradilan Tata Usaha Negeri (PTUN). Dimana pada saat proses pemungutan dan penghitungan terjadi masalah yang dianggap ada penyimpangan-penyimpangan dan pelanggaran dalam proses kampanye dan lain-lain.

“Tentu ini kita sikapi, kita respon baik yang dilaporkan oleh pihak desa,” tandas Arianto. (Ito/adv)

Leave a comment