Kaltimpedia
Beranda Advetorial Potensi rumput laut di Pesisir KUKAR, Samsun siap dukung pemkab kUKAR

Potensi rumput laut di Pesisir KUKAR, Samsun siap dukung pemkab kUKAR

Wakil Bupati Kukar dan Wakil Ketua DPRD Kaltim berkunjung ke PT. Biaota Laut Ganggang (BLG) Pinrang, Sulawesi Selatan. (Foto: Istimewa)

Kaltimpedia.com, Pinrang Sulawesi Selatan – Indonesia juga disebut sebagai Negara Maritim, hal ini karna 62% luas wilayah Indonesia merupakan laut dan perairan. Dengan luas perairan mencapai 6,32 Juta km2. Luas perairan yang begitu luas, Wakil Bupati Kukar, H Rendi Solihin pun melihat peluang besar yang dapat di kembangkan khususnya pada wilayah Pesisir, Kutai Kartanegara yaitu rumput laut.

Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya para nelayan yang beralih profesi dari nelayan ikan menjadi pembudidaya rumput laut. Melihat potensi tersebut Rendi melakukan kunjungan di dua tempat yakni di PT Biota Laut Ganggang (BLG) Pinrang dan Kelurahan Akkajeng Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo sebagai kelurahan percontohan pada Selasa (2/8/2022).

Kecamatan Muara Badak dan Anggana lebih dahulu mengembangkan budidaya rumput laut. Muara Badak menjadi daerah yang telah dibangun pabrik pengolahan rumput laut.

“Pasar sangat terbuka lebar, kita sudah memiliki pabriknya bahkan potensinya juga ada, tinggal kita berikan pendampingan dan bantuan kepada petani kita agar survive kedepan” ucap Rendi yang dikenal sebagai anak nelayan.

Dengan tajuk Studi Aplikatif hadir membersamai Kepala Dinas Perdagangan, Dinas Kelautan, Camat Muara Badak, Camat Anggana, Camat Muara Jawa, Camat Samboja dan Anggota DPRD Provinsi dan Kutai Kartanegara beserta beberapa Lurah yang memiliki potensi pengembangan budidaya Rumput Laut di Kawasan Pesisir Kutai Kartanegara.

Dalam pemaparan Mr Wank Komisaris PT Biota Laut Ganggang, PT. Biota Laut Ganggang mampu memproduksi 100 sampai 150 ton perhari sedangkan pasokan yang masuk dari beberapa daerah belum dapat memenuhinya.

“Kami butuh 100 sampai 150 ton per hari. Tapi kemampuan produksi petani rumput laut belum melampauinya,” jelas Komisaris Utama PT PLG Mr Wank, di Kompleks PLG Supa, Pinrang.

Pada Kab. Wajo tercatat ada sekitar 2000 Petani dan 90 kelompok pembudidaya serta 300-an orang yang terlibat dalam kegiatan penjemuran rumput laut di kelurahan Akkajeng.

H Rendi Solihin, berencana akan mendatangkan petani yang telah berhasil di kelurahan Akkajeng untuk memberi pelatihan langsung kepada para petani di Pesisir Kukar.

“Nanti akan kita undang ke Kukar untuk memberikan pendampingan dan pelatihan” Rendi.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun yang membersamai Wakil Bupati Kukar itu pun mendukung penuh atas terobosan yang dicanangkan oleh Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kukar.

Samsun yang juga Dapil Kukar menyampaikan perlu kolaborasi dari segala tingkatan juga bantuan pembiayaan kepada petani rumput laut di Pesisir Kukar.

“ini langkah kongkrit, saya sangat memberikan dukungan dan mengapresiasinya dan tentu dibutuhkan kolaborasi serta support pembiayaan kepada para petani budidaya Rumput laut kedepan” tutup Samsun. (Fatria/adv/KominfoKaltim)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan