Kaltimpedia
Beranda Pendidikan Dukungan Untuk Guru Honorer Senior Menjadi PPPK

Dukungan Untuk Guru Honorer Senior Menjadi PPPK

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (Dok. Humas Pemprov Kaltim)

Kaltimpedia.com, Samarinda – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Komisi X mengadakan rapat guna membahas rapat dengar pendapat Panja Pengangkatan Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer (PGTKH) menjadi ASN dengan perwakilan pemda di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (23/3/2021). 

Gubernur Kalimantan Timur, Isran noor ikut menghadiri rapat tersebut bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Anwar Sanusi,dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Diddy Rusdiansyah. selain Kaltim ada juga beberapa provinsi lain yaitu Papua, Banten, NTT dan Jawa Timur secara Offline dan Online. Isran noor menjelaskan selama ini gaji guru honorer di ambil dari APBD dan dana BOS.

“Pemprov Kaltim sudah menganggarkan gaji guru honorer untuk 2.513 orang sebesar Rp89 miliar. Selain itu, terdapat 2.453 guru honorer lainnya yang digaji dengan menggunakan BOS nasional dan daerah,” Isran.

Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah pusat telah mensosialisasikan terkait perekrutan guru dan tenaga kependidikan melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak dua kali.

Namun, isran juga menyapaikan bahwa selama disosialisaikan dirinya belum menerima dokumen legal terkait hal tersebut. Ia mengatakan informasi tersebut hanya disampaikan secara lisan. Isran mendukung dengan diangkatnya guru honorer yang telah mengabdi dalam waktu tertentu diangkat menjadi guru PPPK tanpa melalui serangkaian Tes.

“Mereka sudah jelas mengabdi dan berbuat, tidak perlu diragukan lagi pengalaman dan kemampuannya. Yang dikhawatirkan adalah jika mereka harus bersaing dengan SDM yang muda, bisa jadi mereka tidak mendapat kesempatan. Apalagi beberapa juga ada yang mengalami kesulitan dalam mengoperasikan komputer,” Isran.

Isran noor mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dapil Kalimantan Timur. Hetifah mengatakan bahwa isran noor memiliki komitmen yang luar biasa terhadap pendidikan Kaltim.

Menangapi hal tersebut Hetifah bersama pihaknya akan menyampaikan kepada Mendikbud Nadiem Makarim terkait apa yang menjadi usulan Isran Noor.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan