Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Bantu Pendataan Kemiskinan, Program Rp 50 Juta Per RT Kukar akan Anggarkan Smartphone

Bantu Pendataan Kemiskinan, Program Rp 50 Juta Per RT Kukar akan Anggarkan Smartphone

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kukar, Arianto (Istimewa)

TENGGARONG – Sebagai ujung tombak di tingkat RT dalam membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) mengentaskan kemiskinan. Di tahun 2023 ini, tiap RT di Kukar akan mendapatkan smartphone android dari program Rp 50 Juta per RT. Yang bertujuan untuk disinkronkan dengan aplikasi Rumah Besar Penanggulangan Kemiskinan (RPBK) milik Pemkab Kukar yang berguna untuk melakukan pendataan penanggulangan kemiskinan ekstrem.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto beberapa saat lalu. Dirinya menyebut smartphone ini akan diberikan kepada tiap RT. Dengan harga Rp 2,5 juta dan spesifikasi RAM 4 GB. Smartphone ini bertujuan memfasilitasi dan mempermudah RT dalam melakukan pendataan adminduk penanggulangan kemiskinan.

“Realisasinya kami rencanakan di bulan April atau Mei,” ungkap Arianto.

Arianto mengatakan selain smartphone, realisasi program Rp 50 Juta per RT tahun 2023 ini juga akan diarahkan ke perbaikan infrastruktur skala kecil melalui gotong royong. Rencana ini sejalan dengan rencana menggalakkan kembali gotong royong. Yang diharapkan bisa membuat masyarakat bekerjasama dalam perbaikan-perbaikan infrastruktur kecil yang difasilitasi.

“Kami harap ini dapat membuat penganggaran dana itu tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya bagi warga di RT,” pungkas Arianto. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan