Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Kementerian ATR/BPN akan Bantu Penyusunan RDTR Kukar Sebagai Mitra IKN

Kementerian ATR/BPN akan Bantu Penyusunan RDTR Kukar Sebagai Mitra IKN

Kepala Dinas Pertahanan dan Penataan Ruang Kukar, Setianto Nugroho Aji (Kaltimpedia.com)

TENGGARONG – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) RI akan membantu penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kutai Kartanegara (Kukar). Bantuan teknis ini akan diberikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) lantaran status Kukar yang merupakan mitra Ibu Kota Nusantara (IKN). Dukungan ini diwujudkan sebagai kesepakatan delineasi dan penjaringan isu pembangunan berkelanjutan bagi Kukar selama masa pembangunan IKN.

Kepala Dinas Pertahanan dan Penataan Ruang (DPPR) Kukar, Setianto Nugroho Aji menjelaskan Pemkab telah menyepakati pembangunan daerah yang merata bagi daerah mitra IKN. Sebagai daerah yang berbatasan dengan IKN, sudah seharusnya Kukar mendapat bantuan dalam pembangunan. Mengingat pembangunan IKN yang tengah berlangsung cepat dan masif.

“Kita menyelaraskan antara daerah mitra dengan wilayah IKN. Jika dulu konsepnya kita penyangga, itu seolah-olah yang menanggung beban. Jadi rencana pembangunannya harus disinergikan. IKN berkembang, kita juga berkembang,” ungkap Aji.

Saat ini sendiri sudah ada tiga wilayah khusus Kukar yang ditetapkan sebagai kawasan IKN. Yakni kecamatan Sangasanga, Muara Jawa dan kawasan Jonggon, Loa Kulu. Yang akan menjadi koridor Kukar ke IKN. Aji juga menyebut perencanaan permukiman hingga pembangunan jalan dari Jonggon ke Sepaku, IKN telah diajukan. Setelah ini Pemkab Kukar akan menyusun satu tahun anggaran. Untuk penjaringan isu-isu pembangunan, lingkungan, sosial budaya, ekonomi dan infrastruktur.

“Ini supaya kita ini bisa bersinergi dengan rencana pembangunan IKN, mitra itu maju bersama-sama. Tidak ada pertentangan tata ruang kabupaten dengan mitra. Secara teknis bisa dioperasionalkan dengan tata ruang IKN,” tutup Aji. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan