Kaltimpedia
Beranda DPRD Kaltim Jelang Idulfitri, Nidya Listiyono Minta Pemprov Kaltim Pantau Stabilitas Harga Bahan Pokok

Jelang Idulfitri, Nidya Listiyono Minta Pemprov Kaltim Pantau Stabilitas Harga Bahan Pokok

Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono. (Istimewa)

Samarinda, Kaltimpedia.com – Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono, meminta Pemprov Kaltim melalui Disperindagkop dan UKM Kaltim terus memantau harga bahan pokok jelang hari raya idulfitri 1444 Hijriah.

Politisi asal Partai Golkar itu juga meminta pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan operasi pasar dan terus melakukan monitoring melalui dinas terkait agar tidak mengalami kenaikkan signifikan.

“Mulai awal Ramadan harus sudah melakukan monitoring ya, biasanya kenaikan seminggu sebelum lebaran, barang sudah mulai stok mulai habis dan harga jadi naik,” kata Nidya Listiyono,

Tiyo sapannya itu melanjutkan, DPRD Kaltim juga mengingatkan kepada distributor untuk tak memanfaatkan momen Ramadan dan Idulfitri untuk menumpuk barang yang berimbas pada kenaikan harga.

Pihaknya juga memastikan jika terjadi kenaikan harga bahan pokok Komisi II bakal langsung bergerak melakukan sidak lapangan.

“Mudah-mudahan tidak naik, nanti kalau harga naik nanti kami sidak lagi. Pemprov Kaltim suport dan 10 kabupaten/kota juga gerak,” imbuhnya.

Diketahui, berdasarkan data BPS Kaltim menunjukan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) di dua kota Bumi Mulawarman ini mengalami inflasi sebesar 0,59 persen.

Untuk Kota Samarinda inflasi terjadi sebesar 0,52 persen, sementara Balikpapan mengalami inflasi sebesar 0,67 persen.
Dari pantauan harga bahan pokok di pasaran, data Disperindagkop dan UKM Kaltim menyebut terjadi pergerakan harga. Meski demikian masih terpantau stabil.

“Harga masih aman, belum ada kenaikan signifikan. Kami terus dimonitor pada Bulan Ramadan dan Idulfitri,” jelas Muhammad Sa’duddin, Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim. (fa/adv/dprdkaltim)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan