Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Tingkatkan Kapasitas Pendidik Non Formal, Disdikbud Kukar Selenggarakan Bimbingan Teknis

Tingkatkan Kapasitas Pendidik Non Formal, Disdikbud Kukar Selenggarakan Bimbingan Teknis

Kegiatan Bimtek bagi Tutor atau Pendidik Kesetaraan di Kukar. (Istimewa)

Tenggarong — Tingkatkan kapasitas pendidik non formal. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara (Disdikbud Kukar) menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) kerangka dasar dan struktur kurikulum merdeka di Grand Fatma Hotel pada Jumat (2/6/2023).

Kegiatan itu diikuti sebanyak 100 tutor atau pendidik kesetaraan paket A,B dan C dari lembaga sanggar kegiatan belajar (SKB) dan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM).

Kabid PAUD dan PNFI Disdikbud Kukar, Pujianto menjelaskan, bimbingan teknis yang dikhususkan bagi tutor atau pendidik kesetaraan untuk memberikan peningkatan kapasitas para pendidik non formal.

Hal tersebut, menyikapi perubahan sistem pendidikan secara nasional. Salah satunya memberikan edukasi implementasi kurikulum merdeka dan pemanfaatan platfrom merdeka mengajar.

“Bimtek ini sangatlah penting dilaksanakan, mengingat para tutor atau pendidik kesetaraan yang ada di SKB maupun PKBM sebagai ujung tombak dalam mensukseskan pendidikan kesetaraan Paket A,B dan C di Kukar,” kata Pujianto.

Bimbingan teknis kali ini, menghadirkan narasumber dari Dewan Pengurus Pusat Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional (DPP FTPKN), Fauzi Eko Pranyono. Materi yang dibawakan diantaranya kerangka dasar dan struktur kurikulum pendidikan kesetaraan pada kurikulum merdeka.

Berikutnya materi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan panduan pembelajaran dan asesment tatap muka, mandiri dan tutorial hingga praktek analisis capaian pembelajaran (CP).

“Karena ada regulasi dan perubahan sistem pendidikan secara nasional, maka harus disikapi dengan memberikan kapasitas peningkatan pengetahuan,” tutupnya. (FA/ADV)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan