Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Loa Ipuh Akan Dimekarkan Jadi 3 Kelurahan

Loa Ipuh Akan Dimekarkan Jadi 3 Kelurahan

Lurah Loa Ipuh Erri Suparjan. (Istimewa)

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong bakal dimekarkan menjadi tiga kelurahan. Yakni Loa Ipuh Seberang dan Loa Ipuh Tenggah.

Pemekaran berdasarkan jumlah penduduk yang padat, cakupan wilayah yang luas hingga memiliki Rukun Tetangga (RT) terbanyak yaitu 77 ketua RT.

Wilayah Loa Ipuh Seberang nantinya mencakupi dari Jalan Gunung Belah hingga Jalan Kartini. Sedangkan Loa Ipuh Tenggah meliputi daerah berbatasan Kelurahan Maluhu hingga Loa Ipuh Darat.

Berbagai pernyaratan proses pemekaran sedang dipersiapkan Kelurahan Loa Ipuh, dan telah mendapat persetujuan dari seluruh RT. Hanya saja, ada beberapa kendala yang dihadapi salah satunya lokasi pembangunan kantor kelurahan.

“Pemekaran kelurahan progresnya saat ini sampai 80-90 persen, yang masih jadi kendala kami di penyiapan lahan untuk bangunan persiapan kantor di daerah Loa Ipuh Tengah,” kata Lurah Loa Ipuh, Erri Suparjan, Kamis (5/10/2023).

Awalnya lokasi pembangunan sudah dipersiapkan namun belakangan ini terbentur dengan Hak Guna Usaha (HGU). Setelah berkomunikasi dengan RT, akhirnya sudah ada .

Erri menambahkan, sejumlah kekurangan persyaratan akan dilengkapi segera. Sehingga pemekaran tiga kelurahan bisa memenuhi persyaratan berdasarkan hasil kajian dari Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Kukar.

“Target kita secepatnya makanya kami kejar persiapannya. Mudah-mudahan 2025 sudah clear, sudah terbagi jadi 3 kelurahan,” tandasnya. (Adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan