Kaltimpedia
Beranda DPRD Samarinda Komisi III DPRD Kota Samarinda Akan Gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) Evaluasi Progres Pembangunan

Komisi III DPRD Kota Samarinda Akan Gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) Evaluasi Progres Pembangunan

Kaltimpedia.com, Samarinda – Komisi III DPRD Kota Samarinda akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan sejumlah kepala perangkat daerah (PD) sebagai mitra dalam lingkungan Pemerintah Kota Samarinda. Hal ini dilakukan dalam rangka mengevaluasi progres pembangunan hingga triwulan III tahun 2023. Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani, mengumumkan rencana ini pada Senin (23/10/2023).

Beberapa kepala PD yang akan diundang dalam RDP antara lain Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim), Dinas Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (PBJ), Pemetaan, Penataan dan Pengawasan Kota, bagian kebersihan, pertamanan, dan pemakaman, Perhubungan, Pertambangan dan Energi, Lingkungan Hidup, serta Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran.

“Pemanggilan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kinerja mereka selama semester pertama ini.
Kami di RDP akan mendengarkan paparan progres kerja mereka, karena kinerja semester pertama sudah berakhir,” jelas Angkasa Jaya.

Ia jelaskan setelahnya Komisi III berencana untuk turun ke lapangan guna melihat langsung progres pembangunan yang telah dilakukan oleh PD. Proses evaluasi ini diharapkan dapat mendorong kerja sama antara anggota DPRD dan PD terkait dalam mencapai kemajuan yang lebih baik dan memberikan manfaat optimal bagi masyarakat.

Angkasa Jaya menekankan bahwa evaluasi ini merupakan bagian dari fungsi utama DPRD sebagai lembaga pengawasan untuk melihat gambaran tentang progres kinerja PD dalam mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan.

“Dari RDP diharapkan mampu mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab OPD demi mencapai pembangunan yang berkelanjutan di Kota Samarinda,”pungkasnya. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan