Kaltimpedia
Beranda Samarinda Wali Kota Samarinda Resmi Buka MTQ Tingkat Kecamatan Loa Janan Ilir ke 13

Wali Kota Samarinda Resmi Buka MTQ Tingkat Kecamatan Loa Janan Ilir ke 13

Kaltimpedia.com, Samarinda – Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Loa Janan Ilir ke-13 Tahun 2024, resmi dibuka oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun, di Halaman Masjid Baiturrahman RT. 11, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Loa Janan Ilir, pada Jum’at (10/05/2024).

Andi Harun menyampaikan pada sambutannya, bahwa tujuan MTQ yang digelar oleh pihak kecamatan Loa Janan Ilir kali ini, untuk membumikan ajaran Al-Qur’an serta menegakkan syiar Islam.

“Ini untuk membuat warga Samarinda, khusus nya di Loa Janan Ilir ini, dapat memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, pelaksanaan MTQ ini juga menjadi salah satu metode sekaligus media berdakwah yang sangat efektif dalam menyampaikan Al-Qur’an secara luas ke masyarakat di seluruh Indonesia.

“MTQ ini juga mampu menjadi katalisator kerukunan hidup antar dan intern umat beragama,” imbuh Andi Harun.

Selain itu, MTQ juga berfungsi sebagai ajang meningkatkan pengetahuan dan sumber daya manusia khususnya di Kecamatan Loa Janan Ilir, dalam bidang seni baca Al-Qur’an dan pemahaman tentang isi Al-Qur’an.

“Allah SWT berfirman, dalam QS; Fathir ayat 29-30, ’Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunianya’,” tutur Andi Harun.

Diakhir sambutannya, Andi Harun, mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh kafilah. Serta, dirinya berharap agar pertandingan ini dapat menunjukkan sikap sportivitas.

“Jangan sampai hanya untuk memperoleh kemenangan saudara mengabaikan kejujuran dan hubungan baik dengan sesama peserta, dan bila itu terjadi sama halnya saudara telah mengingkari ajaran kitab Suci Al-Quran itu sendiri,” harapnya.

Dengan mengucapkan “Bismillahirahmannirahim”, Andi Harun menebuh beduk sebagai simbolis dibukanya MTQ ke 13 tahun 2024 Tingkat Kecamatan Loa Janan Ilir.

“Semoga apa yang telah kita laksanakan mendapat ridho dari ALLAH SWT. Amin ya robbal alamin,” pungkasnya. (Adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan