Beasiswa Kukar Idaman 2024 Bakal Cair Bulan Juni, Jumlah Kouta Capai 1.530 Penerima

0 1,682

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Penantian pelajar dan mahasiswa selama berbulan-bulan bakal segera terwujud. Pencairan Beasiswa Kukar Idaman tahap pertama bakal dilakukan pada pertengahan tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Kukar, Dendy Irwan Fahriz. Ia mengatakan, tahapannya masih dalam proses verifikasi dan validasi. Diperkirakan dalam waktu dekat akan segera diplenokan dan ditetapkan para penerima beasiswa.

“Penetapannya InsyaAllah di bulan Juni, tapi tanggal pastinya belum ada kami tetapkan karena terus bergerak dinamis. InsyaAllah nanti (pencairan) tahap pertama di bulan Juni,” kata Dendy, Kamis (30/5/2024).

Tahap pertama, Bagian Kesra mengalokasikan anggaran mencapai Rp 41,7 miliar, dengan jumlah kouta penerima mencapai 1.530 orang. Meliputi beasiswa stimulan santri pondok pesantren sebanyak 200 orang, stimulan SMA/sederajat 200 pelajar, stimulan D4/S1 800 mahasiswa, stimulan S2/S3 ada 100 orang.

Kemudian beasiswa tematik/kerjasama 200 orang, santri lanjut perguruan tinggi 10 orang, dan terakhir SMK/SMA/MA kerjasama ada 10 orang. Untuk besaran beasiswa bervariatif, untuk stimulan mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 10 juta. Sedangkan beasiswa kerjasama diangka Rp 105 juta-200 juta, lantaran diberikan biaya sampai selesai.

Sebelumnya, jumlah yang mendaftar beasiswa mencapai 5.000 orang. Setelah melewati proses verifikasi dan validasi berkas, kemudian mengerucut sesuai kouta yang ditetapkan.

“Kouta tahap pertama mencapai 1.530 penerima yang terbagi dua kategori, stimulan 1.300 dan kerjasama 230 orang,” sambungnya.

Ditambahkan Dendy, sebelum ditetapkan penerima. Pihaknya akan melakukan singkronisasi data dengan beasiswa Kaltim Tuntas. Tujuannya untuk meminimalisir temuan penerima yang double.

“Tahun kemarin masih ada beberapa temuan, ternyata yang bersangkutan walaupun sudah menandatangani surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari pihak lain, tapi ternyata masih menerima dua-duanya, dari Kaltim Tuntas dan Kukar Idaman,” pungkasnya. (adv)

Leave a comment