Bupati Kukar: Kopi Jonggon Memang Luar Biasa

0 2,432

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melakukan kunjungan lapangan ke Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu pada Jumat (19/11/2021).

Kunjungannya dalam rangka penanaman biji kopi dan panen jahe serta audiensi sekaligus silaturahmi dengan Asisten Deputi Pengembangan Kawasan dan Rantai Pasok Kementerian Koperasi dan UKM RI,  Ari Anindya Hartika dengan para petani di lahan Kelompok Tani Jaya Nusantara.

Acara dimulai dengan penanaman bibit kopi varietas Robusta dilanjutkan penanaman jahe gajah dan panen jahe gajah yang sudah berusia 9 bulan. Dalam arahannya,r Edi Damansyah meminta kepada seluruh kades agar bisa mengelola dan melihat peluang yang ada di wilayahnya.

“Sahabat petani mari kembangkan pertanian di desa, kita contoh kepala desa Jonggon Jaya dan Rustam salah satu petani yang sukses mengembangkan lahan tumpang sari dari kopi, jahe dan karet. Mari kita contoh dan jadikan Kukar merdeka Pangan” kata Edi.

Dia menyebutkan, Jonggon Jaya merupakan salah satu sentra pengembangan perkebunan rakyat yaitu kopi dan jahe. Harapannya kopi-kopi ini bisa menjadi Icon bagi desa maupun Kukar.

“Saya sangat bangga dan berterimakasih kepada para petani karena perkebunan ini bukan hanya satu komoditi saja tetapi bisa dilakukan dengan sistem tumpang sari sehingga lahan lebih produktif dan bernilai ekonomis” ujarnya.

Edi sangat mengapresiasi dukungan dari kementerian dan juga dukungan semua pihak karena perkebunan rakyat merupakan salah satu program prioritas yang ada di Kukar Idaman. Kopi Jonggon memang luar biasa, kedepanya ia meminta kepada seluruh dinas, kantor, badan, perusahaan baik itu swasta ataupun BUMN untuk bisa menggunakan hasil produksi Kutai Kartanegara seperti Kopi dan jahe.

“Kedepan kalo rapat-rapat saya harap bukan menggunakan kopi instan lagi tapi sudah menggunakan kopi-kopi lokal seperti kopi jonggon ini,” harap Bupati Kukar mengakhiri. (Dha/Adv)

Leave a comment