Bupati Kukar Pastikan Jagung Petani Dibeli Perusahaan

0 2,148

Kaltimpedia.com, Kelompok Tani  Saka Makmur merupakan salah satu kelompok tani yang mengembangkan komoditas unggul yakni jagung hibrida di wilayah Gunung Wang, Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar).

Bupati Kukar, Edi Damansyah  memastikan tempat penjualan hasil panen jagung hibrida ini tidak mengalami kesulitan karena ada kerjasama dengan enam perusahaan yang siap membeli jagung petani.

“Perlakuan jagung varietas hibrida tidak terlalu sulit karena sesuai dengan karakteristik tanah di Kukar. Keunggulan varietas hibrida yakni kapasitas produksinya tinggi, bisa mencapai sekitar 8-12 ton per hektar,” ujar Edi.

Orang nomor satu di  pemerintahan Pemkab Kukar ini mengungkapkan selama ini yang menjadi kendala adalah, saat panen secara serentak tak jarang harga jagung anjlok. 

Maka dari perjanjian dengan perusahaan yang dilakukan pemerintah dalam rangka agar petani terus bertumbuh dan fokus dalam pengembangan pertaniannya. 

“Petani tidak perlu cemas dan bingung mau dijual kemana. Pemerintah hadir untuk memberikan solusi yang dihadapi para petani, salah satunya melakukan MoU dengan perusahaan,”  jelasnya.

Saat ini sektor pertanian merupakan sektor andalan yang digelorakan pasangan  Edi Damansyah-Rendi Solihin yang tertuang di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

Selain itu ada misi lainnya yaitu program dedikasi yakni memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif,  termasuk didalamnya pembangunan pertanian berbasis kawasan. (Dha/Adv)

Leave a comment