Cegah Dini Kamtibmas, Bupati Kukar Lantik FKDM Kecamatan

0 2,982

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah melantik sejumlah Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat kecamatan di Pendopo Odah Etam Tenggarong pada Kamis (28/10/2021). Beberapa FKDM yang dilantik diantaranya Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu dan Loa Janan.

Dijelaskan Edi Damansyah, FKDM merupakan bentukan pemerintah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar sesuai dengan amanat Permendagri. Harapannya dapat mencegah dini apabila itu dianggap mengganggu Keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kalau sudah diketahui dan dideteksi dengan baik maka segera dikoordinasikan dengan aparat di kecamatan supaya penanganannya cepat,” kata Edi.

Menurutnya yang harus diwaspadai di setiap kecamatan yaitu mengenai persoalan lahan, perebutan penguasaan lahan dan eksploitasi batu bara tanpa izin. Masalah batu bara ini ada masyarakat yang lahannya mau dibeli perusahaan dan digali,  tetapi ada juga yang tidak mau digali. 

Dicontohkan Edi seperti kejadian di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu yang katanya dibekingi oleh preman. Pihaknya langsung koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar. Bagaimanapun pemerintah tidak boleh kalah dengan premanisme itu, pemerintah harus memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Kalau berbicara kamtibmas itu peran masyarakat sangat menentukan dan ini sudah terbangun dengan baik. Saya berharap bisa dijaga dengan baik,” ujar bupati.

Sementara Kabad Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti menjelaskan visi bupati mewujudkan Kukar sejahtera dan berbahagia menjadi latar belakang dibentuknya FKDM.  Berbicara sejahtera tentu berkaitan dengan kebutuhan dasar harus terpenuhi hanya saja untuk berbahagia relatif sekali. 

“Ini adalah bagian dari apa yang kita lakukan untuk mewujudkan visi yang sudah digagas pak Bupati, karena kebahagian harus terwujud apabila orang memiliki rasa aman. Jika sudah aman dan nyaman pasti mereka berbahagia apapun kondisinya,” kata Rinda mengakhiri. (Dha/Adv)

Leave a comment