Dari Kaltim, Gernas Bangga Buatan Indonesia Diluncurkan

0 18

Kaltimpedia.com – Kementerian Kemaritiman dan Investasi mencatat, saat ini ada sekitar 30 juta orang Indonesia yang bekerja dan terlibat langsung dalam sektor Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM).


Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya pada acara Grand Launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), bertempat di Gedung Plenary Sempaja, pada Selasa (12/10/2021).


Menandai peresmian Gernas BBI ini, Menko Marinvest Luhut Binsar Panjaitan menabuh gendang bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah, Wakil Menteri Perdagangan Samuel Sambuaga dan Gubernur Kaltim Isran Noor serta Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tutuk SH Cahyono.


“Sejak Gernas BBI diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 hingga September 2021, jumlah UMKM yang tercatat sudah mencapai sudah lebih dari 8 juta unit. Artinya dalam waktu satu tahun empat bulan, totalnya naik seratus persen dan kini jumlahnya mencapai 16 juta UMKM yang tercatat di sistem digital,” jelasnya.


Ditambahkan Luhut, dirinya juga berharap peningkatan jumlah UMKM ini dibarengi dengan peningkatan jumlah kualitas produk dan peningkatan sumberdaya manusia melalui keahlian-keahlian yang dimiliki.


“Jangan sampai seperti yang terjadi. Ada satu daerah menerima pesanan dari Washington, ternyata fotonya berbeda dengan produknya yang dijual. Sehingga diperlukan untuk menjaga kualitas (barang yang dijual). Karena ini menyangkut pada harga diri kita semua. Menyangkut pada kehormatan kita semua, bahwa kita mengirim harus sesuai dengan yang kita sampaikan (jual),” tegas Luhut.


Sementaraitu, Gubernur Kaltim Isran Noor mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat karena menunjuk Provinsi Kaltim sebagai penyelenggara Gernas BBI yang seharusnya dilaksanakan di Provinsi Papua.


“Seluruh masyarakat Kaltim bangga dan bahagia dapat melaksanakan Gernas BBI ini sebagai bagian dari tumbuhnya UMKM di masyarakat. Terima kasih dukungan dan kepercayaannya,” ujar Isran.


Menandai Gernas BBI di Kaltim yang juga disaksikan secara virtual oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo ini, Kaltim mengekspor 25 ton lidi daun pohon nipah ke Kanada melalui Pelabuhan Palaran Samarinda.


Selain menampilkan sejumlah profil UMKM di Kaltim, juga ditampilkan secara offline beberapa booth UMKM binaan Bank Indonesia dan Disperindagkop Kaltim. (YA)

Leave a comment