Data Kelompok dan Pelaku Seni, Disdikbud Kukar Gelar Direktori Kesenian

0 1,491

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara (Disdikbud Kukar) tengah gencarkan pendataan dan sertifikasi kesenian. Salah satunya dengan menggelar Direktori Kesenian.

Kegiatan tersebut menghadirkan para pelaku kesenian dan kelompom seni dari dua kecamatan yakni Tenggarong dan Loa Kulu, di ruang aula Serbaguna kantor Disdikbud Kukar, pada Jumat (17/11/2023).

Tujuan dari Direktori Kesenian ini adalah untuk mendata ulang kelompok seni dan pelaku seni yang masih aktif, mensosialisasikan persyaratan Nomor Induk Kesenian, serta memetakan rencana strategi pembinaan kesenian di Kabupaten Kukar. Hal ini juga bertujuan untuk menghidupkan kembali kesenian yang langka dan menjadikannya sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar, Puji Utomo menjelaskan, tugas pokok pembinaan kesenian mencakup seni asli atau khas Kutai, seni tradisional, dan non-tradisional. Pembinaan dilakukan melalui pelatihan, pertunjukan, bantuan alat kesenian, dan sertifikasi seniman, terutama kepada kelompok seni, pelaku seni, pegiat, dan peminat seni.

“Data kelompok seni di Kukar mencapai 237, dari data awal 225 yang diperoleh dari Dinas Pariwisata pada Tahun 2017. Sementara jumlah pelaku seni masih belum terdata secara rinci.” sebutnya.

Puji pun menargetkan lebih dari 80 persen kelompok dan pelaku seni di Kukar akan memiliki akses informasi lengkap melalui direktori ini, dan menjadi rujukan pemerintah untuk pengembangan dan pelestarian kesenian.

“Kami berharap bahwa dengan adanya direktori ini, data kelompok seni tercatat dengan baik, memudahkan pembinaan, serta memastikan bantuan alat-alat seni yang diberikan dapat terlacak dan terdata secara efektif.” tandasnya. (adv)

Leave a comment