Dispora Bentuk Wadah bagi Penyandang Disabilitas

0 1,575

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Kartanegara membentuk wadah khusus, bagi masyarakat yang memiliki kekurangan fisik. Wadah tersebut diberi nama Forum Pemuda Disabilitas Kukar (FPDK). 

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan, Aji Ali Husni yang mengungkapkan, FPDK sebagai wadah agar mereka juga turut berperan aktif dalam membangun Kukar lebih baik lagi.

“Pembentukan ini sebagai perhatian pemerintah kabupaten terhadap penyandang disabilitas, agar tak merasa dikucilkan. FPDK sebagai wadah biasa tapi lebih kepada tempat mengembangkan bakat dan kemampuan mereka,” ujarnya.

Meskipun memiliki kekurangan fisik, tentu para penyandang disabilitas ini mempunyai hak yang sama dalam mengukir prestasi dan bakat di bidangnya masing-masing.

Ali Husni menambahkan, proses pendataan pemuda penyandang disabilitas terus digalakkan sebab masih ada kecamatan yang belum menyerahkan datanya. 

Apabila data sudah terkumpul seluruhnya, akan dilakukan pelatihan dan bimbingan seperti pengembangan diri dan pelatihan kewirausahaan. 

Ini akan membantu kemana bakat dan kemampuan yang dimiliki. Tidak jarang penyandang disabilitas memiliki bakat terpendam dan memang harus digali serta dikembangkan. 

“Setelah kami lihat data yang masuk, ada yang memiliki semangat wirausaha dan berkarya. Ini akan terus kami apresiasi. Kami akan terus minta data kecamatan yang belum kami terima,” tutur Ali.

Disamping itu, selama pandemi Covid-19 kegiatan di bidangnya tetap berjalan sebagaimana mestinya, seperti memberikan materi pemberdayaan pemuda. Hanya saja, pelaksanaan tak bertatap muka melainkan lebih banyak melalui daring. Begitu pula dengan program konsultasi di klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM).

“Konsultasi di klinik WPM di Dispora Kukar masih berjalan tapi dilakukan satu pekan sekali,” tutupnya. (Dha/Adv)

Leave a comment