Wabup Kukar Lantik BPD Sidomulyo Kecamatan Anggana

0 2,909

Kaltimpedia.com, Anggana — Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sidomulyo, Kecamatan Anggana pada Kamis (21/10/2021).

Rendi mengatakan seluruh anggota BPD dapat melaksanakan tugas yang diamanatkan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab untuk tercapainya kemajuan desa. Menurutnya, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan jangan dimaknai hanya sebagai kegiatan seremonial saja.

“Luruskan niat dan berkomitmen memberikan kemampuan terbaik dalam pembangunan desa dan masyarakat. Optimalkan fungsi BUMDes dan atau bangun pasar desa. Hal ini berkaitan dengan potensi desa yang akan dikembangkan,” ungkap Rendi.

Pemerintah desa dan BPD saling bersinergi untuk membangun desa. Tak kalah penting yaitu saling komunikasi  supaya apa yang dimusyawarahkan bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Wabup meminta jajaran BPD dapat melakukan inovasi untuk meningkatkan pendapatan desa. Salah satunya menggali potensi dan melibatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Penguatan kelembagaan desa ucap Rendi, sangat diperlukan untuk menggerakkan potensi sumber daya ekonomi dan aset desa. Selama ini, kelemahan usaha ekonomi disebabkan belum ada kolaborasi antar pelaku usaha di desa. 

 “Jadi bagaimana mendorong semua elemen tersebut, ya salah satunya melibatkan Bumdes. Penguatan dan peningkatan fungsi kelembagaan dapat diarahkan untuk pemberdayaan dan pengembangan usaha ekonomi produktif yang ada di desa,” ujarnya. (Dha/Adv)

Leave a comment