Bupati Kukar Edi Damansyah Dorong Pemuda Jadi Petani Milenial

0 2,148

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah gencar dorong generasi muda supaya berpartisipasi  dan bergabung pada sektor pertanian. Keberadaan pemuda sangat dibutuhkan dalam memperkuat pembangunan ekonomi pertanian.

Edi Damansyah menilai, pemuda di sejumlah tempat sudah melirik bahkan berkecimpung menjadi petani milenial seperti di Kecamatan Tenggarong, Loa Kulu ataupun Muara Jawa. Mereka pun eksis dengan berbagai komoditas unggulan. Misalnya di Desa Jonggon dan Margahayu Loa Kulu, mereka telah mengembangkan komoditas tanaman  jahe.

“Jika berkelanjutan maka ke depan mengalami kemajuan karena milenial sudah tertarik bergabung. Bahkan beberapa wilayah berhasil mengembangkan komoditas unggulan,” kata Edi.

Dia berharap,  agar petani milenial yang sudah berhasil supaya menyampaikan kabar keberhasilannya kepada yang lain. Edi mengingatkan agar merubah pola pikir (mindset)  mengenai sektor pertanian. Kenapa begitu, karena saat ini tidak identik dengan lumpur, basah dan kotor.

“Tetapi kini lebih menggunakan teknologi seperti alat mesin pertanian  atau Alsintan,” ungkapnya.

Selama ini kendala dilapangan sambung Edi, terkait sumber daya petani yang rata-rata didominasi kalangan orang tua saja. Sedangkan pra orang tua ini  belum sepenuhnya menguasai teknologi mekanisasi alat pertanian tersebut. 

“Terbangunnya petani milenial, ke depan menjadi bagian penguatan pembangunan sektor pertanian andalan,” ucapnya. (Dha/Adv)

Leave a comment