Dengar Keluhan Petani, Bupati Kukar Minta Kepala Dinas Banyak Turun Lapangan

0 2,199

Kaltimpedia.com, Tenggarong– Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah secara tegas meminta Kepala Dinas harus merubah pola pikir dan kinerja. Jangan hanya bekerja diam di kantor saja melainkan banyak turun langsung ke lapangan salah satunya yang menangani sektor pertanian.

Kenapa sangat penting, dengan turun langsung maka bisa melihat kesulitan yang dihadapi dan dirasakan masyarakat khususnya petani. Turun langsung dan tidak itu sangat berbeda, masalah kecil yang menjadi kendala pun bisa di dengar. Hal ini sebagai upaya pemerintah hadir ditengah masyarakat.

“Saya dorong datang kesana bicarakan sama petani, apa kendala yang dihadapi lalu dicarikan solusinya”. Ungkap Edi.

Dimasa kepemimpinannya, tidak boleh kerjanya tidak basis data karena ini sudah menjadi tuntutan guna memajukan dan meningkatkan taraf pendapatan ekonomi petani. Selain itu, data yang diberikan harus update terus, karena penyaluran bantuan pertanian berbasis kelompok tani (Poktan).

Di Kukar sendiri sambung Edi, sudah ada pendidikan dan pelatihan terhadap kaum muda yang mau terjun di sektor pertanian yakni Taman Teknologi Pertanian (TPP) Desa bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang. Bahkan sudah dirancang sedemikian rupa metode pendidikannya, supaya memiliki hasrat bergelut di pertanian..

“Kurikulum juga sudah disiapkan, secara bertahap akan kita mulai pendidikan dan pelatihannya”. Jelasnya.

Disisi lain, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkab Kukar dalam membuat perencanaan harus saling singkrong satu sama lain. Tujuannya, pembangunan yang diberikan fasilitas termanfaatkan dengan baik dan saling teritegrasi. Bukan buat semaunya sendiri.

“Jangan kita di dinas masing-masing membuat perencanaan, maunya kita. Sehingga banyak yang mubazir dan tidak membawa manfaat”. Tutupnya. (Dha/Adv)

Leave a comment