Fashion Daur Ulang Cara Unik Desa Batuah Sosialisasikan Pengurangan Sampah

0 1,764

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah, Kecamatan Loa Janan terus mengedukasi dan mengkampanyekan warga tentang upaya mengurangi sampah di lingkungannya. Salah satunya dengan menggelar lomba Fashion Daur Ulang yang dihelat di Gedung Balai Pertemuan (BPU) Desa Batuah, Senin (13/11/2023).

Kepala Desa Batuah, Abdul Rasyid mengatakan lomba fashion daur ulang bagian dari sosialisasi pemanfaatan sampah, sehingga sampah bekas tidak lagi dipandang tak bernilai.

Ditangan yang tepat, sampah-sampah bekas akan menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai dan mendatangkan pundi-pundi rupiah.

“Kalau warga diajak dengan cara yang asyik, lebih gampamng diterima dan lebih banyak yang berminat,” ujar Rasyid.

Ia menyebutkan, lomba ini sangat bermanfaat dan memiliki makna yang luar biasa sekali. Pasalnya, fashion daur ulang menjadi wadah sosialisasi untuk menanamkan kesadaran diri kepada masyarakat bahwa lingkungan merupakan tanggung jawab bersama.

“Lomba daur ulang sampah merupakan satu wujud dan tanggung jawab kita kepada lingkungan,” sambungnya

Sementara itu, Agus Priyono salah satu juri menyampaikan, lomba daur ulang sampah ini para peserta diwajibkan menciptakan inovasi baru, dan yang paling terpenting adalah keindahan karya, kreativitas dan estetika serta ketahanan.

“Kami ingin karya yang bisa memberi inspirasi dan manfaat. Lomba ini menjadi ajang kampanye mengurangi sampah,” tutupnya. (adv)

Leave a comment