Pemdes Batuah Gelar Lomba Asah Terampil untuk Tingkatkan Pengetahuan Petani

0 1,762

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Batuah ke-24, Pemerintah desa melaksanakan lomba asah terampil antar kelompok tani (Poktan), pada Senin (13/11/2023).

Kepala Desa Batuah, Abdul Rasyid mengatakan, asah terampil dipandang perlu diadakan agar dapat meningkatkan pengetahuan para kelompok tani. Terlebih berdampingan dengan wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Para petani diharapkan tidak lagi menggunakan metode lama, namun bisa meralih ke petani modern,” kata Rasyid.

Ia menjelaskan, konsep pertanian terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu, apalagi di era digitalisasi. Petani dituntut untuk menguasai dan memahami teknologi agar mampu berdaya saing.

“Saya ingin Desa Batuah bertekad lebih maju, lebih baik dan menjadi rujukan, termasuk para petaninya. Salah satunya melalui lomba Asah Terampil,” sambungnya.

Moment ditetapkannya Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai bagian dari IKN, termasuk Desa Batuah diharapkan bisa menjadi peluang para petani yang profesional, handal dan berkualitas.

Menurut Rasid, pendidikan dan pelatihan menjadi hal yang penting serta syarat mutlak  bagi petani. Oleh karenanya, jadikan lomba asah terampil ini menjadi ajang pengembangan diri, tukar pikiran, menukar informasi dan saling memberikan apresiasi sekaligus membangun kemitraan.

“Sumber daya manusia tidak akan terbentuk sendirinya. Kemajuan teknologi dan informasi harus dimanfaatkan petani, sehingga akan menguntungkan bagi petani,” tandasnya. (adv)

Leave a comment