Festival Borneo Muharram 2022 Dibuka dengan Pawai Obor dan Musik Gambus

0 1,267

Kaltimpedia.com, SAMARINDA – Wakil Gubernur Kalimatan Timur rencananya akan membuka acara Borneo Muharram Festival 2022 yang akan dibuka malam ini (6-14 Agustus 2022) bertempat di halaman Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center jalan Slamet Riyadi Samarinda.


Kegiatan memperingati dan memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah ini diselenggarakan oleh Yayasan Al Fath Amal Mulia, Yayasan Al MIM, MIM Managemen dan Yayasan Islamic Center Samarinda.


Ketua panitia pelaksana Asmadi Babe menyampaikan persiapan Borneo Muharram Festival 2022 sudah 95 persen siap digelar, dengan penampilan group musik Gambus dari El Gamar sekaligus pelepasan pawai obor.


“Panitia sudah siap melaksanakan, dan Insya Allah akan dibuka Wakil Gubernur Kaltim Pak Hadi Mulyadi Sabtu malam ini (6/8/2022), dan ditandai dengan pelepasan peserta pawai obor yang diikuti seribu orang peserta,” ujar Asmadi pada Jumat malam (5/8/2022).


Dijelaskan Asmadi pada Borneo Muharram Festival 2022 ini, akan menggelar berbagai lomba religi seperti pada Minggu pagi lomba lomba mewarnai gambar masjid dan Kaligrafi, dilanjutkan pada malam hari dengan fashion show muslim oleh Rizal Fashion.


Selanjutnya pada hari Senin hingga Rabu digelar Sunatan massal yang diperuntukan bagi 300 orang peserta dan santunan santunan anak yatim sebanyak 300 orang yang didukung oleh MIM Manajemen dan pihak sponsor lainnya.


Selain itu juga digelar festival Habsyi, Hafidz cilik, Munsyid/Munsyidah (voice), lomba Adzan Ma’asyiral Jumat, Bazar Pakaian Muslim dan Bazar makanan UMKM guna mengangkat kebangkitan ekonomi kreatif di Kalimantan Timur.


“Sampai hari ini sudah terisi 60 stand tenda tenan UMKM, ekonomi kreatif dan lembaga ekonomi lainnya,” ungkap Babe sapaan akrab Asmadi.


Untuk pendaftaran peserta, Babe menyampaikan akan ditutup pada hari H pelaksanaan, mengingat tingginya antusias masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini, peserta yang telah mendaftar selain dari Samarinda juga ada dari Penajam Paser Utara, Balikpapan, Kukar, Kutim, Bontang bahkan ada peserta dari Kalimantan Selatan.


Pengumuman juara dan penutupan Borneo Muharram Festival 2022 akan digelar pada tanggal 14 Agustus 2022 dengan hiburan menampilkan bintang tamu seorang anak muda hafidz, bintang film dan penyanyi muda milenial Syakir Daulay. (*)

Leave a comment