Kades Tanjung Batu Berharap Tawaran Kerjasama Limbah Abu Batu Bara Bisa Disetujui PLTGU

0 1,701

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Pemerintah Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong terus berupaya menjalin kerjasama dengan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PTTGU) di wilayahnya. Kerjasama yang dimaksud yakni pemanfaatan limbah abu batu bara.

Kepala Desa Tanjung Batu, Husniansyah terus mendorong pihak perusahaan untuk menjalankan Undang-undang Nomor 40 tahun 2017 yang tertuang dalam pasal 74 yaitu kewajiban bina lingkungan.

Sebab, perusahaan pembangkit listrik kurang perhatian dalam melakukan kewajibannya dalam bina lingkungan. Pihaknya sudah beberapa kali mengajukan kerjasama namun tak kunjung dapat respon.

Bahkan, Pemkab Kukar telah memfasilitasi pertemuan antara Pemdes Tanjung Batu dan Perusahaan, tapi undangan pertama itu belum dihadiri pihak manajemen PLTGU.

“Kami menindaklanjuti aspirasi warga terkait kewajiban bina lingkungan yang kurang perhatian dari perusahaan, kami juga memberikan tawaran untuk memberikan kepercayaan dalam kerjasama dengan desa,” kata Husniansyah, Jumat (31/5/2024).

Abu batu bara buka kategori limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Banyak manfaat dari limbah abu batu bara jika dikelola dengan baik, bisa menghasilkan produk seperti batako hingga paving block.

Berdasarkan penelitian dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batu Bara (Puslitbang tekMIRA) Kementerian ESDM, bahwa abu batu bara efektif dimanfaatkan sebagai pembenah tanah atau pupuk.

Menurut Husniansyah, apabila tawaran pengelolaan abu batu bara disetujui, tentu akan mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes), yang nantinya akan digunakan untuk membangun desa dan juga masyarakat Tanjung Batu.

“Jika disetujui itu akan dikelola oleh BUMDes Permata Berkah Tanjung Batu, cuma sampai saat ini belum ada persetujuan dengan perusahaan. Hingga kini terus kita dorong,” tandasnya. (adv)

Leave a comment