Maslianawati Edi Damansyah : Pentingnya Pendidikan Anak Dalam Keluarga

0 2,753

Kaltimpedia.com, Kota Bangun – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara  (Kukar)  bersama Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Kukar, Maslianawati Edi Damansyah mengunjungi Desa Sebelimbingan, Kecamatan Kota Bangun pada Selasa (26/10/2021).

Dalam kunjungan turut dihadiri Bunda Paud Kecamatan Kota Bangun, Bunda Paud Desa, PKK Pokja 2 Paud dan Guru Paud. Kemudian Taman Kanak-Kanak (TK) dan Kelompok Bermain (KB) dari Desa Sebelimbingan dan Desa Sumber Sari.

Dalam kesempatan tersebut, Maslianawati menyampaikan materi pendampingan Pendidikan Keluarga kepada peserta. Bahwa pendidikan dalam keluarga sangatlah penting untuk dipersiapkan lebih awal  sebelum masuk sekolah dasar (SD).

“Karena pembentukan dan pembinaan karakter bagi anak usia dini, baik itu pola pikir maupun perilaku anak adalah pendidikan dalam keluarga. Sebagai ajang dimana sifat-sifat kepribadian anak mulai tumbuh dan terbentuk pertama kalinya,” ungkap Ketua TP PKK Kukar.

Hal yang perlu diperhatikan,  ucap Maslianawati, ketika melaksanakan pendidikan keluarga harus menciptakan suasana nyaman dalam lingkungan keluarga. Sikap anggota keluarga berpegang pada hak dan kewajiban masing-masing dan orang tua mengetahui kebiasaan anak-anaknya.

“Tak kalah penting, hindari segala sesuatu yang menusuk perkembangan jiwa anak. berikan kesempatan untuk bergaul dengan teman sebaya dan menciptakan kondisi harmonis antar anggota keluarga,” ujarnya. (Dha/Adv)

Leave a comment