Pasar Ramadan Segera Di Helat, Andi Harun : Akan Tonjolkan Nuansa Ramadan

0 1,005

kaltimpedia.com, SAMARINDA – Pasar Ramadan akan kembali di laksanakan di halaman GOR Segiri, jalan Kusuma Bangsa. Wali Kota Samarinda Andi Harun mengkonfirmasi rencana Pemkot Samarinda tersebut, yang akan digelar mulai tanggal 2-28 April 2022 mendatang.

Orang nomor satu di Samarinda ini menegaskan, Pasar Ramadan yang mengusung tema ‘Samarinda Berbagi’ ini bukan sekadar memindahkan lapak pedagang ke dalam lahan parkir Gor Segiri, Samarinda.

Dimana dalam perhelatannya kali ini, tidak hanya sekedar mengumpulkan lapak pedagang dalam satu wadah. Melainkan, setiap stand atau lapak nantinya akan diisi pedagang baru dengan menonjolkan nuansa Ramadan.

“Nuansanya juga harus diatur. Tiap pedagang wajib berbusana muslim. Kontennya juga akan diatur sedemikian rupa,” katanya, pada Selasa (22/03/2022).

Gelaran pasar Ramadan di masa pandemi juga dipastikan Andi Harun tidak lepas dari pengetatan protokol kesehatan.

Ditambahkan lagi, Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda Muslimin menjelaskan, jika pasar Ramadan tahun ini mengadopsi konsep wisata belanja.

“Jika dulunya menggunakan tenda biasa, tahun ini bakal menggunakan tenda sarnafil,” ucapnya.

Wisata Belanja Ramadan Samarinda dimulai per 2 April 2022. Bakal dibuka secara resmi oleh Wali Kota Andi Harun pada 4 April 2022.

“Saat ini sudah ada 90 tenant yang mendaftar. Targetnya, 120 tenant. Termasuk fashion dan otomotif,” tuturnya.

Pemkot juga akan menggelar beberapa kegiatan keagamaan untuk menghidupkan nuansa Ramadan di Kota Tepian, mulai dari lomba Adzan, Dai Cilik dan peragaan busana muslim.

“Termasuk berbagi dengan anak yatim di akhir Ramadan. Kami juga dipesankan wali kota untuk memastikan wisata belanja Ramadan tetap bersih dan bebas dari Anjal (anak jalanan). Makanya, kami akan libatkan DLH (Dinas Lingkungan Hidup,Red) dan Satpol PP,” tambahnya.

Terpenting, wisata belanja Ramadan juga akan menerapkan sistem pembayaran digital menggunakan aplikasi Qris. Kerja sama dengan Bankaltimtara. Ini sekaligus mendukung upaya Pemkot Samarinda mengajak publik untuk membiasakan diri dengan transaksi digital.

“Termasuk dengan pembayaran parkir,” tutupnya.(*)

Penulis Rahmadani

Leave a comment