Upaya pengentasan angka Pengangguran, Disnakertrans Kukar Gelar Pelatihan Tenaga Kerja

0 915

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Salah satu program Kukar Idaman yang difokuskan yakni Kukar Siap Kerja melalui pelatihan usaha dan sertifikasi calon pekerja. Tak tanggung-tanggung, tahun 2022 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5,5 miliar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kukar Achmad Hardi Dwi Putra mengatakan, tahun ini ditargetkan sebanyak 1.200 orang yang menerima pelatihan siap kerja. 300 diantaranya akan mengikuti pelatihan dibidang pertambangan, sebagai operator alat berat dan mekanik alat berat. Ditambah 180 orang untuk perluasan pelatihan, seperti pelatihan menjahit dan tata boga.

“Dalam rangka mendukung visi misi Kukar Idaman, ditargetkan 1.200 orang pertahun,” kata Hardi, Kamis (6/10/2022).

Selain menyiapkan skill masyarakat, program ini juga bagian upaya untuk pengentasan angka pengangguran di Kukar. Oleh karenanya, sangat diperlukan keterlibatan perusahaan swasta dalam mewujudkan cita-cita pemerintah.

Pihaknya juga mengandeng sejumlah pihak swasta seperti perusahaan tambang untuk mengelar pelatihan kepada masyarakat Kukar. Supaya angka pengangguran cepat menurun, setelah dibekali pelatihan.

“Jadi pelatihan tidak hanya melalui Pemkab Kukar, namun juga ada yang dilaksanakan oleh perusahaan swasta,” tutupnya.

Untuk diketahui, terhitung hingga bulan September 2022 lalu, tercatat Disnakertrans Kukar sudah ada 194 orang yang mengikuti pelatihan. Dengan yang sudah bekerja sebanyak 88 orang, masuk dalam daftar panggilan 12 orang serta yang magang sebanyak 10 orang. Sedangkan yang belum bekerja sebanyak 44 orang dan sedang mengikuti pelatihan 40 orang. (Dha/Adv)

Leave a comment