Pemkab Kukar Resmikan Sanitasi Total di Loa Ipuh Darat

0 2,811

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Pemkab Kutai Kartanegara melakukan serah terima program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Plus pada warga di objek wisata Bukit Durian Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong pada Selasa (2/11/2021).

Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara  Sunggono meresmikan sekaligus sosialisasi diberlakukannya Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) 3/2014 tentang STBM.

Pembudayaan berperilaku bersih dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat menjadi prioritas pemerintah hingga dimandatkan kepada pemerintah daerah. Sehingga pemerintah mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar terlibat secara sinergi dalam menyukseskan program  ini.

“Sasaran program PKTD STBM Plus ini adalah keluarga tidak mampu yang sudah berperilaku hidup bersih dan sehat atau belum mengakses sarana sanitasi aman serta sesuai kriteria desa lokus Stunting dan TBC,” katanya.

Sementara itu, Plt Kasi Penyehatan Lingkungan Yuana Indrawati menambahkan, khusus di Kelurahan Loa Ipuh Darat terdapat  20 kepala keluarga yang menerima program ini. 

Kriteria kasus TBC 11 KK dan kasus stunting sebanyak 9 KK dengan dana sekitar Rp 159 juta per desa/kelurahan. Selain itu, dibangunkan juga sarana seperti toilet keluarga, bahan alat dan papan instalasi pengolahan air limbah cair rumah tangga, tempat sampah terpilah dan ventilasi atau genteng kaca.

“Secara tidak langsung dapat menurunkan angka kejadian stunting dan TB di Kukar, khususnya di Kelurahan Loa Ipuh Darat sebagai salah satu lokasi intervensi kesling STBM Plus,” tuturnya.

Secara terpisah, Ketua KKM Loa Ipuh Darat, Maryana menjelaskan, Loa Ipuh Darat menjadi satu-satunya desa yang mendapat program ini dari 10 lokus desa/kelurahan se-Kukar. 

“Diharapkan, kasus stunting dan TBC di Tenggarong khususnya Loa Ipuh Darat bisa ditekan, agar sanitasi lingkungan dalam masyarakat semakin baik,” harapnya. (Dha/Adv)

Leave a comment