Relawan Taruna Samarinda Basmi Nyamuk DBD dan Virus Omicron

0 56

SAMARINDA — Relawan Taruna Samarinda (RTS) yang bermarkas di Jalan Karel S Tubun Gang 7 Kelurahan Dadi Mulya Kecamatan Samarinda Ulu melaksanakan penyemprotan desinfektan untuk membasmi virus Covid-19 dan penyemprotan fogging.

Komandan RTS, Budiono mengungkapkan, para relawan merasa prihatin dengan semakin tingginya kasus Covid-19 dan juga munculnya beberapa kasus demam berdarah. Sehingga membuat para relawan yang tergabung di RTS harus berupaya membasmi keduanya.

“Kita semampunya melaksanakan kegiatan desinfektan dan fogging. Ini salah satu usaha mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 sekaligus dalam rangka menuju penerapan tatanan normal baru di lingkungan sekolah,” ujarnya, Senin (21/2/2022).

Beberapa tempat yang berhasil disemprot yaitu lokasi SD Negeri 002 Jalan Bhayangkara, Jalan KS. Tubun  Gang 7 RT.023. Kelurahan Dadi Mulya, dan KBIT-TKlT Raudhatul Jannah di Gang  Berkah Jl. Suryanata Kelurahan Air Putih Samarinda.

Berbagai aksi relawan menangani Covid-19 dan penanganan DBD, justru berbanding terbalik dengan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan oleh relawan.

Peningkatan kasus orang terkonfirmasi Positif Covid-19 di Samarinda terus terjadi dan terus meningkat tajam. Data Dinas Kesehatan Kota Samarinda per 20 Februari 2022,  terdapat 1.794 warga Samarinda terpapar virus Corona. Dengan demikian,  virus yang masih menjadi pandemi ini telah mengakibatkan sebanyak 25.044 warga terkonfirmasi Positif.

Selain Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda, yang membuka hotline 112, Rumah Sakit rujukan Covid-19 hingga tim pemakaman, dibuat sibuk dengan varian Omicron ini.

Menurut Ketua Relawan Taruna Samarinda, Joko Iswanto mengatakan tidak hanya panggilan telepon saja yang saat ini lumayan padat, tetapi  tim ambulance 112 pun juga harus bekerja ekstra untuk melakukan penjemputan pasien sakit meski bukan pasien Covid-19.

“Ambulance dan Tim medis 112 saat ini tidak lagi menangani penjemputan pasien, tapi tetap juga kewalahan walau sudah di backup tim ambulance EMT-ITS,” jelas Jokis,  panggilan Joko Iswanto.(MUN)

Leave a comment