Teknologi Semakin Berkembang Warga Samarinda Harus Beradaptasi Dengan Transaksi Non Tunai

0 1,702

Kaltimpedia.com, Samarinda – Sosialasasi terkait transaksi non tunai harus terus dilakukan oleh semua pemangku kepentingan, kemudahan dalam bertransaksi serta tingkat keamanan tinggi menggunakan non tunai menjadi sebab masyarakat harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi tersebut.

Fuad Fakhruddin Ketua Komisi II DPRD Samarinda mengungkapkan bahwa jika sosialiasi telah dilakukan diberbagai tempat dan kesempatan, maka artinta masyarakat Samarinda hanya perlu pembiasaan.

“Maka ini tergantung pemerintah sendiri sosialisasinya sampai mana, kalau itu harus digerakkan secara menyeluruh maka tinggal kebiasaan saja nantinya,” pungkas Fuad, Rabu (11/5/2022).

Pembayaran menggunakan non tunai memang sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup untuk di kota-kota besar, kemudahan yang ditawarkan transaksi non tunai masih menjadi salah satu poin penting dalam memilih metode pembayaran.

Warga Samarinda hanya perlu pembiasaan dalam menggunakan transaksi non tunai hal tersebut selasar dengan mulai berkembangnya teknologi di Samarinda, salah satu contohnya adalah pembayaran parkir sudah bisa menggunakan E-Parkir dan Q-Ris.

Selain itu untuk pelaku usaha UMKM akan semakin mudah jika menyediakan metode pembayaran non tunai, selain aman pebayaran non tunai pedagang tidak perlu repot-repot lagi dalam mencari uang kembalian.

“Karena memang dari sisi keamanannya, pembayaran non tunai ini sangat aman, kemudian pedagangnya tidak perlu repot mengembalikan kelebihan uang dari pembeli,” lanjutnya.

Pembiasaan serta tersedianya tempat pembayaran non tunai perlu terus dilakukan sosialiasi oleh Pemerintah Kota Samarinda, hal tersebut bertujuan agar masyarakat semakin familiar dengan transaksi non tunai.

“Seperti yang saya sampaikan, sosialisasi harus betul-betul menyeluruh karena masih banyak masyarakat yang belum tau, dengan QRIS itu kita diberi kemudahan, jadi kenapa tidak kita lakukan,” pungkasnya.

Fuad juga mengungkapkan bahwa kita perlu menyambut serta memanfaatkan kemudahan teknologi yang terus berkembang. (Adv/fa)

Leave a comment