Usai Lebaran Sterilisasi Pasar Dilakukan Pemkot Samarinda

0 896

Kaltimpedia.com, Samarinda – Sterilisasi pasar dilakukan usai momentum Lebaran 2022, sesuai instruksi Wali Kota Samarinda, Andi Harun. Sterilisasi pasar dari sampah, dilaksanakan oleh jajaran Dinas Perdagangan (Disdag) kota Samarinda bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Samarinda, yang berlangsung pada Rabu malam (4/05/2022) sekitar pukul 20.00 WITA.


Titik sterilisasi pasar pasca Lebaran ialah di Pasar Segiri Jalan Pahlawan Kelurahan Sidodadi, Samarinda. Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelola Pasar Segiri Samarinda, Fathan Ibrahim Malik, sterilisasi dilakukan karena pasar mengalami kepadatan dan perlu dirapikan pasca lebaran sehingga kondisi pasar kembali nyaman bagi pengunjung.


Fathan menambahkan, saat pembersihan pasar dibantu oleh para petugas Pemadam Kebakaran. Hal ini sesuai Instruksi Wali Kota agar pasar kembali rapi dan tertib ketika memasuki masa aktivitas usai lebaran dimulai.


“Sesuai perintah Pak Wali Kota, setelah lebaran semua disterilkan. Karena pengunjung pasar sangat banyak. H-7 itu sudah padat. Pak Wali Kota minta semua pasar harus disterilkan supaya bersih. Agar pengunjung setelah pensterilan ini bisa nyaman,” ujarnya.


Dilanjutkannya, petugas melakukan sterilisasi pada beberapa bagian pasar, antara lain tempat penjualan ayam, lapak ikan, dan jalur utama pembeli.
Ditempat yang sama, Kepala DPKP Kota Samarinda, Hendra menyatakan, jajaran dari petugas pemadam kebakaran juga diturunkan untuk membantu melakukan sterilisasi di Pasar Segiri Samarinda.


Menurut dia, pihaknya turut membantu upaya sterilisasi pasar dengan melakukan penyemprotan dengan menurunkan unit Truk Pemadam. DPKP Samarinda menurunkan 2 unit truk pemadam untuk menyemprot sampah dan kotoran di sekitar area Pasar Segiri.


“Hari ini kita diminta bantuan dinas perdagangan memback up untuk penyemprotan Pasar Segiri. Ini adalah upaya pembersihan pasar. Kami turunkan 2 posko yaitu posko 1 dan posko 2 masing-masing 1 unit truk. Kami turunkan 8 personil untuk membersihkan kawasan Pasar Segiri ini, yaitu di kios-kios pasar ikan, jalanan masuk dibersihkan sampai tidak ada lumpur dan sampah yang berserakan lagi, ” ujar Hendra.


Hendra juga menyatakan, tujuan sterilisasi tersebut untuk membersihkan kawasan pasar agar pasar kembali normal. Di lapangan terlihat petugas menyisir lokasi-lokasi yang kotor serta dipenuhi sampah. Tidak hanya itu, beberapa petugas juga melakukan pembenahan di sekitar pasar.


Rencananya, petugas gabungan juga akan melakukan pembersihan dan sterilisasi di area Pasar Merdeka, Kamis 5 Mei 2022.


“Malam besok rencana pasar merdeka kita turun lagi. Mungkin yang sudah bersih tinggal dikoordinasikan, yang kotor akan kita bersihkan dengan damkar,” jelas Hendra.(*)

Penulis Ramadhani

Editor Yuliawan

Leave a comment