Wabup Kukar Kunjungi Rencana Pembangunan Ponpes Al Farisyah Hasyim Rapak Lambur

0 1,556

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin meninjau langsung rencana Pembangunan Pesantren Al Farisyah Hasyim di Desa Rapak Lambur, Kecamatan Tenggarong. Kedatangan rombongan diterima oleh Pembina Pesantren, Faridah Aryani beserta santriwan dan santriwati pada Senin (24/10/2022).

Ponpes yang eksis tahun 2019 ini dihuni anak-anak yatim, yatim piatu, mualaf dan duafa. Proses belajar mengajar tak hanya mendalami bidang agama tetapi juga pelajaran umum hingga wirausaha.

Dalam kunjungannya, Rendi Solihin melihat bangunan dan fasilitas yang ada. Dari gambaran tersebut, bahwa keseharian santri-santri sangat sederhana dan hidup dengan fasilitas seadanya.

“Saya prihatin sekali dengan anak-anak ini, mereka tidur diruangan sempir berdesak-desakan di bawah kolong rumah pula,” ucap Rendi.

Pemkab Kukar berkomitmen untuk mendukung dan membantu menfasilitasi pondok pesantren yang layak dan memadai. Untuk Ponpes Al Farisyah Hasyim, pemerintah memberikan bantuan senilai Rp 4 miliar. Digunakan untuk pembangunan asrama, pemdopo dan ruang kelas.

Dia menargetkan, pengerjaannya akan selesai sebelum hari raya Idul Fitri tahun depan. Sehingga anak-anak sudah dapat menikmati fasilitas yang baik dan layak saat lebaran.

“Mereka ini juga anak-anak Kukar yang memiliki hak yang sama, semoga dengan bantuan ini mereka bisa menunjukan kualitas dirinya dan menjadi orang yang sukses ke depannya,” harapnya.

Rendi juga menyampaikan, ponpes tersebut akan menerima bantuan dana swakelola senilai Rp 109 juta guna menunjang operasional pesantren. Hal ini bentuk komitmen Pemkab Kukar dalam memajukan pendidikan keagamaan melalui program Kukar Berkah.

“Kami sampaikan terima kasih atas kerjasama semua pihak yang cepat sekali merespon kegiatan ini,” tutupnya. (Dha/Adv)

Leave a comment