Wujudkan Smart City, Diskominfo Kukar Launching LOBI-KU

0 2,215

Kaltimpedia.com, Kutai Kartanegara – Digital Mobile Team Kutai Kartanegara (LOBI-KU) yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika Kutai Kartanegara (Diskominfo Kukar) resmi diluncurkan pada kegiatan Ngapeh Hambat, dengan Tema: “Ayo Wujudkan Transformasi Digital dengan SPBE, Jangan Ada yang Tertinggal” di Kantor Diskominfo Kukar, Kamis (20/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten III Setkab Kukar, Totok Heru Subroto, Kepala Diskominfo Samarinda, Aji Syarif Hidayattulah, dan Kepala Diskominfo Kukar Dafip Haryanto.

Dijelaskan Kadiskominfo Kukar Dafip Haryanto, LOBI-KU merupakan implementasi dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang dulunya dikenal sebagai e-Government (e-Gov). SPBE ini nantinya akan diimplementasikan di Kukar dengan tujuan memberi pelayanan berbasis digital kepada masyarakat.

“Kami memikirkan adanya dampak untuk jangka pendek, tengah dan panjang untuk implementasi SPBE ini,” ujae Dafip.

Implementasi SPBE sendiri sudah berjalan di beberapa daerah diluar Kukar. Dengan diluncurkannya LOBI-KU, Diskominfo Kukar akan memetakan persoalan yang dihadapi daerah. Termasuk juga yang dihadapi beberapa OPD, kecamatan hingga desa.

LOBI-KU juga sejalan dengan keinginan Bupati Kukar, Edi Damansyah, yakni mengimplementasikan Sistem Keuangan Desa (Sikeudes) secara daring atau online pada 2023 mendatang. Dafip juga sampaikan bahwa Diskominfo telah bertemu dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk membahas komitmen mewujudkan Smart City dan Smart Governance di Kukar.

“Pekerjaan rumah kami kedepannha adalah mengimplementssikan ini ke kecamatan hingga ke desa. Integrasi ini kami lakukan di OPD dahulu dan kita lakukan dalam waktu dekat di tahun 2023,” tutupnya. (ito/adv)

Leave a comment