Dispar Kukar akan Petakan Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten di Wilayah Hulu

0 1,969

Kaltimpedia.com, Kutai Kartanegara – Wilayah hulu Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) seperti Kecamatan Kota Bangun, Muara Muntai dan Muara Wis memiliki banyak potensi di sektor pariwisata. Untuk itu Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar formulasikan rencana pemetaan untuk Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten (KSPK) di kawasan tersebut.

Kadispar Kukar Slamet Hadiraharjo mengatakan KSPK ini menyesuaikan rencana induk pembangunan pariwisata nasional. Dan rencananya telah berdasarkan Perda pada tahun 2016 lalu, yang disesuaikan kembali dengan kondisi lapangan saat ini.

“Kita lakukan pemetaan, dengan harapan dapat memajukan perkembangan sektor pariwisata di Kukar,” ungkap Slamet.

Dalam merealisasikan rencana tersebut, Dispar telah melakukan koordinasi denga OPD, untum mendapatkan masukan hingga semua terkolaborasi. Informasi dan masukan dari OPD terkait nantinya dapat menjadi langkah kedepan merealisasikan KSPK.

Potensi wisata di hulu mahakam Kukar sangat menjanjikan. Banyak diantaranya yang sangat dikenal masyarakat luas adalah Tanjung Sarai, Desa Ekowisata Pela, Air Terjun Kedang Ipil, Danau Semayang dan Melintang. Namun, Slamet akui destinasi dengan potensi besar tersebut masih terhambat akses sehingga belum dapat maksimal.

“Jika berharap destinasi itu mendapatkan keuntungan banyak otomatis infrastruktur dibantu. Jadi koneksi jalan besar ke jalan kecil itu nyaman jalanannya. Wisatawan pastinya akan mendatangi lokasi itu. Makanya kami perlu kolaborasikan ini,” tutupnya. (ito/adv)

Leave a comment