Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Respon Cepat Jeritan Petani, Wakil Bupati Kukar Salurkan 217 Ton Pupuk

Respon Cepat Jeritan Petani, Wakil Bupati Kukar Salurkan 217 Ton Pupuk

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menyerahkan bantuan pupuk organik kepada petani di Tenggarong Seberang (Istimewa)

TENGGARONG – Langkanya pupuk subsidu di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuat beberapa petani tersulitkan. Merespon cepat kebutuhan tersebut, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin secara langsung serahkan 217 ton pupuk granul kepada petani di enam desa Kecamatan Tenggarong Seberang.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin mengatakan penyaluran pupuk organik kepada petani ini memang tengah digencarkan pemerintah. Sebagaimana bagian dari komitmen pemerintah dalam mengembangkan sektor pertanian. Yang nantinya akan terintegrasikan.

“Kegiatan safari pertanian sudah berjalan satu pekan. Hari ini ada enam desa di Tenggarong Seberang sebagai penerima manfaat bantuan pupuk,” ujar Rendi usai menyerahkan pupuk di Desa Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang pada Selasa (11/7) kemarin.

Kelangkaan pupuk ini telah tersedia pasokannya dari pemerintah pusat. Namun Rendi menyebut kuota pupuk subsidi ini masih kurang bagi Kukar. Produksi petani pun terancam menurun.

“Perlu komunikasi intens dengan semua pihak untuk mengatasi problem kelangkaan pupuk di Kukar maupun Kaltim. Mudahan saja bantuan yang diberikan bisa meringankan beban petani,” pinta Rendi.

Sementara itu, Bendahara Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Bhuana Jaya, Jasuri, sampaikan apresiasi atas respon cepat Pemkab Kukar. Dirinya bersyukur atas bantuan yang langsung dirasakan petani setempat. Mulai dari pupuk, alsintan hingga dibukanya jalan usaha tani.

“Semoga program bantuan kepada kami para petani ini bisa berkelanjutan. Karena sesuai keinginan kepala daerah juga untuk Kukar menjadi pemasok pangan untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” tuturnya. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan