Desa Loa Duri Ilir Sulap Sampah Rumah Tangga Jadi Produk Bernilai Ekonomis

0 2,601

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Pemerintah Desa Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan berhasil mengubah sampah rumah tangga menjadi produk bernilai ekonomis. Berbagai jenis sampah pun diolah menjadi kerajian tangan hingga suvenis yang unik dan menarik.

Lantarbelakangan mengolah sampah rumah tangga tak terlepas ingin mengurangi penumpukan sampah di Desa Loa Duri Ilir. Selain itu juga memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa sampah bisa menambah perekonomian keluarga.

Bahkan Pemerintah Desa Loa Duri Ilir telah berhasil membuat solar dengan berbahan baku dari sampah plastik. Kemudian membuat paving blok berbahan plastik, dan tak kalah kuatnya dengan paving bata.

“Langkah ini menunjukkan bahwa pengelolaan sampah yang baik dapat mengubah sampah menjadi sumber daya ekonomi,” kata Kades Loa Duri Ilir, Fakhri Arsyad, Senin (20/11/2023).

Selain memanfaatkan sampah rumah tangga. Pemdes juga mengubah tempat pembuangan akhir (TPA) sampah menjadi objek wisata yang menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini untuk merubah mindset bahwa TPA itu kumuh dan bau.

Kemudian, para ibu rumah tangga juga diberikan pelatihan perihal pengelolaan sampah menjadi berbagai jenis produk kerajinan tangan.

“Sudah banyak produk yang telah dihasilkan seperti tas, dompet hingga suvenir, dan produk-produk ini memiliki nilai jual serta dampak ekonomis yang positif,” pungkasnya. (adv)

Leave a comment