Disketapang Kukar Salurkan Lumbung Padi

0 1,454

Kaltimpedia.com, Tenggarong –  Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kutai Kartanegara (Kukar) Bahteramsyah mengungkapkan ada sejumlah fasilitas yang diberikan kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan), seperti lumbung padi, lantai jemur dan penggilingan padi.

Sebagaimana diketahui, kawasan pertanian terutama padi sawah di Kukar cukup luas dan banyak. Saat masa panen otomatis gabah yang dihasilkan sangat melimpah, tentu bisa bertahan hingga beberapa bulan kedepan. Pemberian fasilitas itu untuk mengantisipasi terjadinya pembusukan.

“Fungsi lantai jemur untuk memfasilitasi gabah mereka agar bertahan lama dan tidak berjamur serta berkutu,” ungkap Bahteramsyah pada Jumat (5/11/2021).

Penyaluran bantuan berdasarkan permintaan Gapoktan dengan mengajukan proposal bantuan  fasilitas di Disketapang. Tak langsung difasilitasi namun pihaknya perlu melihat dulu kriterianya salah satunya luas areal untuk menyimpan lumbung padi.

Tahun ini ucap Bahteramsyah, sudah menyalurkan sekitar 10 unit lumbung, diantaranya di Kecamatan Muara Jawa, Desa Manunggal Jaya  Tenggarong Seberang, Sebulu serta SP 4 Kota Bangun. Bantuan ini diberikan berdasarkan kawasan yang memang ada produksi padi sawah dan luas areal mendukung.

“Itu yang akan kami fasilitas sepanjang anggaran ada,” ungkapnya.

Mengenai tahan berapa lama disimpan di lumbung padi, Bahteramsyah menyebutkan tergantung cara penyimpanannya. Apabila sirkulasi udara baik maka bisa bertahan enam bulan kedepan. Perlu diingat, padi yang disimpan di lumbung harus memiliki kadar airnya hanya 13 persen.

“Tidak boleh padinya masih basah atau kadar airnya diatas 13 persen disimpan di lumbung, jika dipaksakan ya nanti akan tumbuh jamur dan bisa busuk,” katanya. (Dha/Adv)

Leave a comment