Makanan Khas Kaltim Diwariskan kepada Generasi Milenial

0 592

Kaltimpedia.com, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, melaksanakan bimbingan teknis kepala 46 pelaku kuliner kekinian yang berlangsung di Hotel Grand Kartika, pada Kamis, (7/10/2021).


Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, yang diwakili oleh Sekretaris Dispar Kaltim, Muhammad Irvan Rivai menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan oleh Bidang Pengembangan Karya Seni Budaya Dispar Kaltim.


“Tema yang dipilih adalah Peran Milenial Angkat Kuliner Khas Kaltim. Diharapkan melalui kegiatan ini tercipta inovasi dalam program wisata kuliner khas Kaltim melalui komunitas UMKM sehingga kuliner khas Kaltim dapat diwariskan hingga generasi selanjutnya,” ujar Irvan dalam sambutannya.


Menurutnya, kegiatan ini merupakan wujud nyata dalam mendorong kepariwisataan di Kaltim, khususnya di usaha kuliner yang selama ini belum diangkat secara maksimal.


“Saya pesan kepada para peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Saya berharap melalui bimtek ini dapat membangkitkan pelaku ekonomi kreatif khususnya di sektor kuliner meski di tengah pandemi,” saat ini ujar Irvan.

Makanan Khas Kaltim


Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Karya Seni Budaya (PKSB) Endang Effendi, menyampaikan bahwa peserta diikuti oleh 46 orang terdiri dari pelaku usaha kuliner milenial yang ada di Kota Samarinda.


Dipilihnya kaum muda milenial dalam kegiatan ini adalah untuk melestarikan makanan khas Kaltim dapat lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun internasional.


“Adapun tujuan dari digelarnya bimtek ini adalah untuk meningkatkan keahlian para pengrajin kuliner khususnya kaum milenial. Sehingga semakin memacu para produsen muda usaha kuliner untuk melestarikan makanan Kaltim,” ujar Endang.


Dalam bimtek ini panitia menghadirkan narasumber Fitriyana, S. SH, M. Kn sebagai pemateri Perkembangan Kuliner Khas Daerah. Selain itu ada Endah Budi. M sebagai narasumber yang memberikan praktek Pembuatan jajanan khas Kaltim.(YA)

Leave a comment