Pemkab Kukar Gelar Pelatihan BUMDes

0 1,450

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) menggelar pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bertempat di Hotel Mercure, Kota Samarinda. 

Acara tersebut diikuti 100 peserta yang mewakili 50 BUMDes di Kukar. Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono, pada Rabu (17/11/2021).

Pada sambutan tertulis Bupati Kukar Edi Damansyah yang disampaikan Sunggono, mengatakan tujuan adanya pelatihan dalam rangka memberdayakan sekaligus mendorong peran BUMDes sebagai penggerak perekonomian desa. Perlu adanya inovasi dan kreativitas sehingga BUMDes dapat memberikan kontribusi nyata bagi percepatan pembangunan desa.

Tetapi yang perlu diingat, BUMDes diharapkan mendaftar terlebih dahulu supaya ke depannya memiliki badan hukum dalam menjalankan aktivitasnya.

“Langkah awal yang perlu segera dilakukan adalah pendaftaran nama BUMDes di Kementerian Desa PDTT dan sertifikasi badan hukum di Kemenkumham,” pesan Sunggono.

Dia melanjutkan, beberapa prinsip pengelolaan BUMDes yang wajib menjadi pedoman yakni professional, terbuka dan bertanggung jawab, partisipatif, prioritas sumber lokal serta berkelanjutan.

“Untuk itu kami berharap agar para Direktur, Sekretaris atau Bendahara BUMDes sungguh-sungguh memegang prinsip-prinsip ini agar pengelolaan BUMDes dapat dilakukan dengan baik.,” imbaunya.

Prinsip-prinsip ini harus menjadi pegangan atau panduan dalam setiap tahapan aktivitas yang dilakukan baik dalam tahapan perencanaan maupun pelaksanaan dan pengelolaan usaha.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Akhmad Taufik Hidayat menjelaskan, pelatihan bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang manajemen pengelolaan unit usaha.

“Serta meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia Pengelola BUMDes,” tutupnya. (Dha/Adv)

Leave a comment